Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips & Triks - Cara Install PostgreSQL melalui Laragon

Pada kesempatan ini admin berbagi pengalaman kembali melalui tutorial tentang tips & triks Cara Install Database PostgreSQL melalui sebuah aplikasi yang kecil tapi Modern & Powerful namanya Laragon. Bagi sahabat semua yang baru belajar tentang Database, pemrograman atau yang lainnya aplikasi Laragon ini penulis rekomendasikan karena tidak sulit mengoperasikan bagi pemula. Laragon dapat didownload pada url disini.
Apa itu Laragon?. Laragon merupakan Universal Development Environment untuk beberapa pemrograman seperti Bahasa PHP, Python, Node.js, Java, Golang, Ruby serta tools untuk database yang dapat digunakan secara portable, cepat, dan mudah digunakan. Laragon hampir sama dengan PHP-Friends (xampp). Aplikasi ini mempunyai beberapa keunggulan, salah satu keunggulannya adalah yang akan dibahasa berikut ini, yaitu memiliki fasilitas untuk menambah beberapa software, dalam kasus ini akan menginstall Database PostgreSQL. Baik mari mulai belajar...
Bagian Kesatu, setelah laragon di download lakukan instalasi dengan mengklik 2x pada folder dimana hasil laragon didownload, untuk selanjutnya lakukan install dan ikuti dialog layar sampai selesai instalasinya.
Bagian Kedua, langkah-langkah instalasi database postgresql melalui aplikasi Laragon. Langkah kerjanya, sbb:
Langkah-1. Aktifkan aplikasi laragon klik pada Menu di halaman laragon atau klik kanan mouse ditempat yang kosong kemudian akan tampil menu popup (menu gantung), kemudian pilih Tools» Quick add» selanjutnya pilih postgresql (versi postgresql sudah ada pada laragon), detailnya seperti gambar berikut ini.
Langkah-2. Gambar dibawah ini merupakan proses instalasi postgresql versi 11, selanjutnya ditunggu beberapa saat sampai proses selesai.

Bagian Ketiga
, Langkah-langkah administrasi postgresql versi 11, sbb:
Langkah-1. Klik Menu pada halaman laragon, kemudian pilih postgreSQL, selanjutnya pilih Start PostgreSQL dan akan tampil started postgreSQL dengan port 5432.
Langkah-2. Kembali klik Menu pada halaman laragon, kemudian pilih postgreSQL, selanjutnya pilih pgAdmin4 dan akan tampil layar, sbb:
selanjutnya akan tampil layar, sbb: 
dan database PostgreSQL sudah siap untuk dioperasikan.
Penutup
Sekian tips & triks Cara Install PostgreSQL melalui aplikasi Laragon, dengan kesimpulan sangat mudah walaupun bagi pemula dan kira-kira waktu yang dibutuhkan 20-25 menit. Sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat. Salam
I Ketut Darmayuda
I Ketut Darmayuda I Ketut Darmayuda

Posting Komentar untuk "Tips & Triks - Cara Install PostgreSQL melalui Laragon"

crossorigin="anonymous">