Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Office 365 Part#1- Panduan Penggunaan Office 365

Pengantar Office 365

Hi, sahabat geriatama selamat pagi/siang/sore/malam berjumpa kembali pada Panduan Penggunaan Office 365 dari Microsoft. Pada tutorial berbagi ini tujuannya agar dapat membantu bagi pengguna pemula untuk memahami fungsi dan penggunaan dari fitur-fitur aplikasi yang disediakan pada Office 365, mulai dari pekerja perkantoran, tugas siswa atau mahasiswa, hingga boleh dikatakan hampir semua pengguna lingkungan bisnis akan  sangat membutuhkan. Office 365 memiliki banyak program aplikasi yang dapat membantu dalam pengolahan data berbasis komputasi awan (teknologi cloud) mengerjakan berbagai pekerjaan dimana saja, mulai dari yang sudah biasa digunakan seperti Microsoft Word, Excel, Power Point, Access dan fitur yang lain antara lain Outlook, OneNote, Teams dan lain sebagainya.
Microsoft Office terbaru yang dikenal sebagai Office 365 memiliki dua jenis layanan untuk berbayar kebutuhan bisnis wajib beli dan layanan pendidikan (Office 365 Education). Situs resmi dapat dikunjungi pada url https://www.microsoft.com/en-ph/education/products/office.






Fitur-fitur Office 365
Sahabat geriatama sebelum menggunakan atau mengoperasi Office 365 ada baiknya user mengetahui fitur-fitur apa saja pada Office 365, sehingga pengguna dapat membedakan dengan produk Microsoft Office yang sudah biasa user gunakan.
Fitur Cloud Service Office 365 


Office 365 berfungsi seperti kondisi beraktifitas kita sehari-hari, dapat digunakan di mana saja. Office 365 sangat familier dan file-file selalu dapat diakses diperbarui secara dini atau real time, misalkan untuk mengerjakan tugas-tugas perkantoran dilingkungan bisnis, tugas-tugas kuliah, belajar secara bersama-sama atau yang lainnya ini sangat mudah dilakukan baik di perangkat Windows, Androidmaupun IOS. Berikut berbagai contoh aktifitas menggunakan Office 365 dengan konsep layanan cloud.

Digunakan untuk aktifitas meeting, diskusi dan presentasi baik di perkantoran maupun lingkungan kampus.

Aktifitas untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah, sekolah atau belajar bersama, baik di kampus atau sekolah maupun diluar sekolah seperti dilakukan dirumah dengan santai serta aktifitas-aktifitas yang lain.  
sumber:diakses tanggal,15-01-2022 
https://www.microsoft.com/en-ph/education/products/office 


Microsoft Office 365 dapat dioperasi di berbagai perangkat PC, Laptop, Notebook, Tablet seperti dari Asus, Acer, Dell, Lenovo dll.


Yang terbaru Office 365 dengan Microsoft Windows versi 11.


Apa itu Office 365 ?
Office 365 merupakan aplikasi layanan langganan berbasis cloud dengan media terbaik yang memungkinkan semua pengguna dapat bekerja dengan cara modern, seperti dari rumah sendiri WFH (Work From Home) atau bahkan dapat di tempat yang lain dengan syarat memiliki koneksi internet yang memadai. Dengan menggabungkan beberapa aplikasi terbaik di kelasnya, seperti Microsoft Word, Excel, Powerpoint serta Outlook dengan layanan cloud yang canggih seperti OneDrive dan Microsoft TeamsOffice 365 memungkinkan semua user dapat berbagi ke banyak pemakai di manapun berada dengan menggunakan berbagai perangkat. 

Membuat Akun Office 365
Untuk membuat akun pada Office 365, terlebih dahulu masuk atau berkunjung ke situs resmi Office 365 pada url https://office.com/ dengan tampilan situsnya, sbb:

Administrasi  Aplikasi Office 365
Untuk melakukan administrasi, pilih masuk (sign in) ke Office 365, maka user wajib melakukan administrasi untuk memiliki akun Aplikasi Office 365. Ada beberapa jenis akun yang dapat digunakan seperti dari akun Microsoft, akun business (untuk kerja) atau akun edukasi (Pendidikan/Sekolah). Perlu diketahui Aplikasi Office 365 menyediakan aplikasi yang berbayar dan juga tidak berbayar. Pada artikel disini yang dibahas adalah tentang edukasi atau pendidikan yang jenisnya tidak berbayar, sedangkan yang berbayar langkahnya kurang lebih hampir sama. Baik kita mulai dengan administrasi yang free.

Administrasi Office 365 Versi Edukasi
Setelah masuk ke website resmi dari Microsoft Office pada url https://office.com, selanjutnya pengguna melakukan scroll ke bawah ke pendidikan (Education).

Selanjutnya, klik Office 365 for schools, akan tampil dialog layar "Get Office 365 free for your entire school", sbb:

Kemudian akan tampil untuk memilih menggunakkan versi bahasa yang diinginkan, dapat memilih Tetap menggunakan: United States English atau Beralih ke Bahasa Indonesia, sbb:

Pada kasus disini menggunakan Beralih ke: Bahasa Indonesia, selanjutnya akan tampil, sbb:

Untuk selanjutnya pilih Untuk pengajar dan staf, kemudian klik Mulai secara gratis, dan akan tampil dialog laya, sbb:

Selanjutnya isikan alamat email sahabat pada kotak isian Email, kemudian klik Berikutnya dan akan tampil dialog layar kembali, sbb:

Pada dialog layar langkah 1 Mari kita mulai klik Siapkan akun, selanjutnya lengkapi dengan data sahabat, sbb:
Setelah melengkapi data-data di atas, kemudian klik Berikutnya dan akan tampil dialog layar kembali, sbb:
Selanjutnya pilih option Kirim saya pesan teks, kemudian klik Krim kode verifikasi, selanjutnya akan tampil dialog layar, sbb:
Setelah mengisi kode verifikasi, selanjutnya akan tampil kembali dialog layar menampil akun Office 365 yang sudah terbentuk.
Untuk selanjutnya sahabat mengisi/menetapkan kode sandi. Sahabat saat mengisi kode sandi usahakan yang unix dan menggunakan kombinasi karakter, angka dan simbol-simbol kemudian jangan lupa klik Simpan dan klik Berikutnya untuk melanjutkan dan akan tampil dialog layar, sbb:
Pada Nama pengguna Anda, akan tampil nama domain yang sudah terbentuk, dan Kami telah mengirim email konfirmasi ke akan tampil nama email yang digunakan, selanjutnya klik Mulai dan akan tampil dialog layar, sbb:
Selanjutnya pada Start setting up your school by adding a domain, scroll kebawah dan pilih domainnya kemudian klik Use this domain untuk melanjutkan.
Selanjutnya pada layar Add users and assign licenses, dimana dialog layar ini untuk menambahkan beberapa pengguna yang diinginkan, dalam kasus ini klik Do this later untuk melanjutkan (tidak menambah user).
Selanjutnya pilih Continue, untuk mengakhiri pembuatan akun Office 365 versi edukasi (free), selanjutnya akan tampil layar Setup is complete.
Selanjutnya untuk memulai Office 365 dengan akun yang sudah aktif klik pada kanan atas simbol user dan akan tampil Office 365 dan siap untuk dioperasikan, sbb:

Masuk dan Mengaktifkan Office 365
Untuk masuk (login) mengaktifkan Office 365 langkahnya adalah, sbb:
Cara pertama dengan mengklik Sign In atau menggunakan icon user pada pojok kanan atas dan akan tampil, sbb:
Selanjutnya pilih atau klik akun yang akan digunakan, kemudian akan tampil, sbb:
Pada Enter password isikan password yang sudah dibuat, kemudian klik Sign In dan akan tampil, sbb:
Selanjutnya pilih Yes dan akan tampil halaman dari Microsoft Office 365,  dan siap untuk digunakan.

Penutup
Sekian pembahasan tutorial tentang Pengantar Office 365 serta langkah-langkah mendaftar pembuatan akun untuk versi akun edukasi (Pendidikan/Sekolah). Pembahasan materi selanjutnya tentang penggunaan Aplikasi Outlook, Onedrive dan OneNote dll. Sekian semoga bermanfaat. Salam🙏
I Ketut Darmayuda
I Ketut Darmayuda I Ketut Darmayuda

Posting Komentar untuk "Office 365 Part#1- Panduan Penggunaan Office 365"

crossorigin="anonymous">