Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Python Part#1- Pengantar Pemrograman Python untuk Pemula

Tutorial Hari Ini
Pengantar Pemrograman Python
Sejarah Perkembangan Bahasa Python
Pengertian Dan Manfaat Belajar Python
Kelebihan Dan Kekurangan Bahasa Python
Pembahasan Materi Selanjutnya
Penutup
Pengantar Pemrograman Python
Pengantar pemrograman python untuk pemula merupakan tutorial dasar-dasar memprogram dengan python. Hallo sahabat semua, apa khabar berjumpa kembali pada tutorial pemrograman dengan Bahasa Python, bagi sahabat yang sudah expert dengan pemrograman Bahasa Python silahkan memberikan masukan-masukan dikolom komentar sebagai koreksi dari artikel ini. Bagi calon programmer pemula dan mahasiswa baru yang baru mengenal bahasa pemrograman akan membutuhkan untuk mengimplementasikan pada sesi praktikum matakuliah “Algoritma Dan Pemrograman”. Artikel ini salah satu penulis susun untuk  membantu proses belajar dengan wawasan lain selain mendapatkan materi di kampus masing-masing.
Kenapa harus belajar Bahasa Python? Python adalah sebuah bahasa pemrograman yang sangat mudah dipelajari dan dipahami bagi pemula yang baru belajar bahasa pemrograman. 
Bahasa Python dapat dijalankan secara interaktif, jika mengoperasikan perhitungan aritmatika layaknya seperti menggunakan kalkulator. Bahasa Python juga dapat dibuat dulu dengan text editor kemudian baru dijalankan di console Python. 
Sejarah Perkembangan Bahasa Python
Bahasa Python merupakan bahasa pemrograman yang freeware atau bebas dan terbuka untuk digunakan serta tidak ada batasan dalam penyalinan atau mendistribusikan. Bahasa Python juga merupakan bahasa pemrograman yang interpreter (penterjemah) multiguna lengkap serta sederhana dan mudah untuk dipelajari, hal ini membuat Bahasa Python semakin populer dikalangan developer maupun di lingkungan kampus. Bahasa Python dapat dioperasikan pada beberapa sistem operasi seperti under Windows, under Unix seperti Linux, Macintosh, FreeBSD, OpenBSD, OS/2. Untuk saat ini banyak dioperasikan pada Linux OS, Microsoft Windows serta Macintosh. Bahkan pada sistem operasi under Linux Bahasa Python ini menjadi standarisasi untuk disertakan pada setiap paket distribusinya.
Bahasa Python versi 1.0 diperkenalkan pertama kali pada tahun 1989 oleh Guido van Rossum dari Amsterdam Belanda
Pada mulanya pembuatan bahasa pemrograman ini digunakan untuk bahasa tingkat tinggi pada sistem operasi terdistribusi Amoeba. Hampir semua engineer diseluruh dunia menggunakan bahasa pemrograman ini untuk digunakan dalam pembuatan perangkat lunaknya, bahkan beberapa perusahaan menggunakan Bahasa Python untuk pembuatan perangkat lunak komersial. Sampai saat ini Bahasa Python masih terus dikembangkan oleh Python Software Foundation dan pada bulan Oktober 2020 Bahasa Python sudah versi 3.9 sedangkan penulis menggunakan Python 3.9.7 atau versi terakhir saat artikel ini dibuat. 

Pengertian Dan Manfaat Belajar Python
Kenapa mesti belajar Python? Apa saja manfaat yang didapat dan apa saja yang dapat dilakukan dengan Bahasa Python. Bahasa Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang dapat menjalankan sejumlah instruksi atau multi guna secara interpretatif (langsung). Bahasa Python juga sangat mudah untuk dipelajari dan dipahami karena tidak memiliki banyak aturan, seperti kebanyakan bahasa pemrograman yang ada. Berdasarkan survey-survey penggunaan Bahasa Python terus meningkat, untuk itu penulis merekomendasikan bagi calon-calon programmer untuk mempelajari Bahasa Python.
Bahasa Phyton sampai saat ini sudah dapat dioperasikan, sebagai berikut:
  • Sebagai perangkat lunak interpreter / penterjemah dengan menggunakan console/shell.
  • Dapat digunakan sebagai IDE atau antarmuka untuk pustaka dengan Bahasa C/C++.
  • Dapat digunakan untuk pembuatan prototype secara cepat maupun untuk pembuatan program aplikasi yang profesional.
  • Dapat digunakan sebagai antarmuka pengguna grafis atau untuk penggunaan GUI API.
  • Dapat mengakses berbagai database dengan bahasa Structure Query Language (SQL).
  • Digunakan untuk membuat aplikasi terdistribusi menggunakan API model client/server  yang terintegrasi.
  • Dapat digunakan sebagai script internet, script CGI, sebagai antarmuka HTTP, www serta yang lainnya.
Kelebihan Dan Kekurangan Bahasa Python
Kelebihan Bahasa Python:
  • Bahasa Phyton relatif lebih mudah untuk dipelajari dibandingkan dengan bahasa lain, karena aturan penulisannya atau sintaksnya boleh dikatakan cukup sederhana dan mudah dimengerti serta sangat dinamis.
  • Tidak memiliki tahapan kompilasi, sehingga kecepatan perubahan pada masa pembuatan sistem aplikasi sangat baik.
  • Bahasa Python mendukung ekosistem Internet of Things (IoT) dengan sangat baik, sehingga Bahasa Python menjadi sangat populer untuk saat ini.
  • Bahasa Python sifatnya free dan terbuka (open source) artinya tidak hanya dapat diunduh secara gratis juga bebas untuk digunakan, dikembangkan dan didistribusikan, termasuk untuk tujuan komersial dll.

 Kekurangan Bahasa Python:
  • Penggunaan Bahasa Python untuk pemrograman mobile (piranti bergerak) belum ada. Sedangkan perusahaan-perusahaan yang menggunakan Bahasa Python relatif masih minimum untuk tujuan komersial.
  • Para pengembang atau developer yang berpengalaman di Python masih minim, dibandingkan dengan  bahasa Pemrograman lain.
  • Bahasa Python tidak seperti bahasa pemrograman kompilasi seperti Bahasa C yang memiliki kecepatan yang baik, karena Bahasa Python merupakan interpreter.
  • Masih Kekurangnya dukungan terhadap multiprocessor.
  • Bahasa Python merupakan bahasa yang dikenal dengan fleksibilitas tipe datanya, sehingga menggunakan memori yang cukup tinggi.
Penutup
Sekian pembahasan pada tutorial hari ini, sebagai pengantar dari tutorial Pemrograman Bahasa Python berbasis Console untuk pemula atau calon-calon programmer, selanjutnya akan dibahas alamat download serta langkah-langkah instalasi Bahasa Python .
Sekian dan terimakasih, semoga bermanfaat. Salam.🙏

I Ketut Darmayuda
I Ketut Darmayuda I Ketut Darmayuda

Posting Komentar untuk "Belajar Python Part#1- Pengantar Pemrograman Python untuk Pemula"

crossorigin="anonymous">