Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahasa R Part#1 - Pengantar Bahasa R untuk Pemula

Tutorial Hari Ini:
Pengantar Bahasa R dan RStudio
Sejarah Bahasa R
Kelebiahan dan Kekurangan Bahasa R
Alamat Download Bahasa R
Langkah-langkah Installasi Bahasa R
Memulai Bahasa R dan Menguji Hasil Installasi
Pembahasan Materi Selanjutnya
Penutup

Pengantar Bahasa R dan RStudio
Halo sahabat geritama selamat pagi, siang, malam. Berjumpa kembali pada Belajar Bahasa R untuk Pemula. Sebagai pengantar dari pemrograman Bahasa R dan RStudio pada akhir-akhir ini pemanfaatan visualisasi data, data science  sangat populer digunakan, Bahasa R dan RStudio  merupakan sebuah piranti lunak gratis atau software open source  yang dibuat khusus untuk digunakan yang erat kaitannya dengan pengolahan data statistika yang banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan, baik perusahaan (corporate) yang bersekala menengah maupun menengah keatas.
So Apa itu R dan RStudio? R merupakan sebuah bahasa pemrograman tingkat tinggi (high level language) dengan lingkungan (environment) untuk pengolahan komputasi statistik, presentasi grafis, menganalisis dan memvisualisasikan data, sedangkan RStudio merupakan IDE(Interface Development Environment) lingkungan pengembangan terintegrasi pada R. Berdasarkan survey, indeks peringkat Bahasa R terus meningkat secara perlahan tapi pasti dan R juga merupakan bahasa pemrograman di bidang data science, di masa mendatang potensi bahasa R tampaknya akan semakin cemerlang. Pengolahan data science, machine learning, analisis statistik beserta sejenisnya sedang tumbuh sangat pesat. Dengan belajar Bahasa R lebih awal tentunya merupakan keputusan tepat sehingga dimasa mendatang sudah siap untuk dapat  bersaing. Berdasarkan survey Bahasa Pemrograman Terpopuler Tahun 2021.  
                       Top Programming Languages 2021.
(sumber : Top Programming Languages 2021 - IEEE Spectrum)
Baca juga: R Tutorial
Sejarah Bahasa R dan RStudio
Pemrograman Bahasa R untuk Pemula, sahabat akan diajak untuk mengenal Sejarah Bahasa R. Pertama kali dikembangkan oleh Ross Ihaka dan Robert Gentlement di University of Auckland New Zealand. Bahasa R merupakan akronim dari nama depan kedua pembuatnya. Sebelum bahasa R dikenal Bahasa S (aplikasi SPSS) yang dikembangkan oleh John Chambers dan Rekan dari Bell Laboratories yang mana memiliki fungsi sama untuk komputasi statistika, sedangkan yang membedakan antara R dan S adalah Bahasa R merupakan sebuah software yang bersifat open source dan logo Bahasa R adalah huruf R.
Bahasa R menyediakan berbagai macam tool statistika dari linier dan memodelan non linier, uji statistika klasik, analisis time-series, klasifikasi, clustering dan lain-lain. Bahasa R juga menyediakan tool teknik grafis yang bertujuan untuk menampilkan data yang telah diolah secara visual dalam bentuk grafik. Bahasa R merupakan project open-source yang memungkinkan banyak pihak untuk memberikan kontribusi dalam proses pengembangannya.
Norman Matloff dalam bukunya yang berjudul “The Art of R Programming”  tahun (2009) menyatakan:
“R is a scripting language for statistical data manipulation and analysis. It was inspired by, and is mostly compatible with, the statistical language S developed by AT&T. The name S, obviously standing for statistics, was an allusion to another programming language developed at AT&T with a one-letter name, C. S later was sold to a small firm, which added a GUI interface and named the result S-Plus.
R has become more popular than S/S-Plus, both because it’s free and because more people are contributing to it. R is sometimes called “GNU S.” 

Kelebihan dan Kekurangan Bahasa R
Kelebihan Bahasa R
  • Software open source (gratis) dan kinerja cepat pada operasi console
  • Kemampuan komputasi statistik dan visualisasi data sangat baik
  • Kemampuan pembuatan dan menampilkan grafik sangat baik
  • Digunakan untuk simulasi & analisis data pada pemrograman R dapat membutuhkan waktu secara cepat 
  • Bagi yang sudah expert pada  ilmu statistika dapat mengembangkan metode dengan pembuatan package
Kekurangan Bahasa R
  • Lingkungan kerja menggunakan console, sehingga menjadi tidak user friendly
  • Untuk penggunaan perintah atau fungsi harus dihapal sehingga dapat membuat kesulitan bagi penggunanya
  • Untuk melakukan atau membuat kesalahan sangat mudah sehingga terjadi Error
Alamat Download Bahasa R
Untuk memasang atau menginstall Bahasa R tentunya harus memiliki Installer atau source code R, Bahasa R menyediakan Installer R dengan beberapa platform operating sistem seperti Windows, MacOS dan Linux.
Alamat download Installer R pada halaman website https://CRAN.R-project.org/, sbb:
Pilih atau klik flatform yang akan di download, pada tutorial ini menggunakan Microsoft Windows. Setelah mengklik versi window akan tampil dialog layar, sbb:
Selanjutnya klik install for the first time dan akan tampil kembali dialog layar, sbb:
Untuk melakukan proses download  klik Download R.4.1.2 for Windows dan selanjutnya menunggu sampai selesai  proses download nya. 

Langkah-langkah Installasi Bahasa R
Buka folder dimana letak hasil dari download Installer atau source code Bahasa R (R.4.1.2 for Windows), selanjutnya klik 2x. kemudian akan tampil dialog layar, sbb:
Pada dialog layar Select Setup Language pilih bahasa yang diinginkan, pada tutorial ini admin menggunakan pilihan default (bawaan dari R) selanjutnya klik OK untuk melanjutkan.
Selanjutnya dialog layar Information pada dialog layar ini sistem mengkonfirmasikan  lisensi penting dari GNU General Public License serta versinya, selanjutnya klik Next.
Pada dialog layar Select Destination Location, disini pengguna dapat mengubah lokasi folder instalasi yang diinginkan
, selanjutnya klik Next. untuk melanjutkan.
Selanjutnya pada dialog layar Select Components,disini pengguna dapat memilih apakah 32-bit atau 64-bit. Jika komputernya sudah menggunakan processor dan versi OS-64 bit, pengguna dapat memilih semua komponen, selanjutnya klik Next. untuk melanjutkan.
Pada dialog layar Startup Option, pilih opsi default (bawaan dari R) untuk memudahkan bagi pengguna pemula, selanjutnya klik Next untuk melanjutkan.
Selanjutnya pada dialog layar Select Start Menu Folder,disini pengguna dapat mengubah dengan 
memilih lokasi folder Start Menu melalui Browse..., selanjutnya klik Next. untuk melanjutkan.
Selanjutnya pada dialog layar Select Additional Tasks,pengguna dapat menambahkan  
tasks dengan memilih (centang) pada Create a desktop shortcut atau bisa menambahkan sesuai keinginanselanjutnya klik tombol Next untuk proses installasi nya.
Setelah proses installasi (Installing) selesai maka akan ditampilkan dialog layar,  selanjutnya klik Finish untuk mengakhiri proses Install Bahasa R.
Memulai Bahasa R dan Menguji Hasil Installasi
Memulai Bahasa R
Untuk memulai Bahasa R dengan catatan proses instalasi sudah selesai, dapat dimulai dengan memilih »Start Windows»Rx64 4.1.2, selanjutnya akan tampil layar kerja atau antar muka RGUI & R Console.
RGui merupakan tool pemrograman Bahasa R. RGui merupakan bagian dari plotform R yang telah diinstall sebelumnya. RGui dapat dijalankan melalui start windows atau dengan memilih icon R x64 4.1.2 . sedangkan Console atau R Console merupakan window yang digunakan untuk mengeksekusi fungsi-fungsi R. Pada Console dapat dieksekusi lebih dari satu fungsi. Console ini juga dapat digunakan untuk mengeksekusi program yang disimpan di dalam file script R.

Menguji Hasil Installasi
Bahasa R dapat dijalankan secara interaktif artinya setelah memberikan perintah hasil akan langsung ditampilkan seperti halnya operasi dasar Bahasa Python menggunakan console, jika melakukan operasi aritmatika sederhana pada R seperti halnya mengoperasikan kalkulator dan hasil perhitungan segera ditampilkan. Bila perhitungan aritmatika lebih kompleks, perintah-perintah R dapat diketik lebih dahulu dalam text editor, kemudian dijalankan lewat prompt dengan simbol “>” yang menunjukkan bahwa R siap menunggu perintah-perintah.
Pengujian ke-1: akan menampilkan sebuah tulisan "Selamat Belajar Bahasa R", 4+5, 9-1, 5x5 langsung diketik pada prompt (>)melalui R Console dan perhatikan hasilnya.
Langkah kerjanya  sbb:
 
Pengujian ke-2: untuk mengetahui informasi dengan cara citasi menggunakan salah satu fungsi citation() dan langsung diketikkan melalui R Console adalah, sbb :
Pengujian ke-3: untuk menguji perintah pembuatan grafik (graph) dengan menggunakan fungsi plot() dengan koordinat tertentu melalui R Console adalah, sbb :
Hasil:


Materi Selanjutnya
Penutup
Sekian pembahasan tutorial hari ini sebagai pengantar Bahasa R dengan pokok bahasan sejarah, kelebihan & kekurangan Bahasa R serta alamat download dan cara install Bahasa R, memulai Bahasa R serta pengujian hasil instalasinya. 
Sahabat geriatama kira-kira waktu yang dibutuhkan 20-30 menit, tapi tergantung kecepatan koneksi internetnya juga, selanjutnya akan dibahas mendapatkan installer RStudio,  langkah-langkah install RStudio dan pengoperasian R & RStudio.
Sekian dan terimakasih, semoga bermanfaat. Salam.🙏
I Ketut Darmayuda
I Ketut Darmayuda I Ketut Darmayuda

Posting Komentar untuk "Bahasa R Part#1 - Pengantar Bahasa R untuk Pemula"

crossorigin="anonymous">