Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar MySQL Part#1-Manajemen Database untuk Pemula

Tutorial Hari Ini
Pengantar Dan Persiapan Awal
Pengantar Database Server
Database MySQL Server
Instalasi Database MySQL Server
SQLyog Sebagai Manajemen MySQL
Bahasa Pengelolaan 
Database MySQL Server
Pembahasan Materi Selanjutnya
Penutup
Pengantar Dan Persiapan Awal
Hi adik-adik mahasiswa baru serta sahabat semua yang baru belajar dibidang IT berjumpa kembali pada tutorial hari ini, dan tak lupa penulis doakan semoga selalu dalam lindunganNYA. Tutorial hari ini belajar Manajemen Database untuk Pemula dari dasar hingga lanjut melalui contoh-contoh latihan dan studi kasus yang dibahas tentang kesehatan atau Rekam Medis. Belajar Manajemen Database MySQL bertujuan untuk melengkapi kebutuhan koneksi database kebahasa pemrograman, seperti Bahasa Python dan Bahasa C# atau bahasa pemrograman yang lainnya misalkan ke webbase PHP, Framework. Pembahasan manajemen database MySQL untuk pemula hingga lanjut sebelum dilanjutkan, seperti biasa persiapkan terlebih dahulu berikut ini:
  1. Pastikan koneksi internet tetap jalan.
  2. Estimasi waktu setiap tutorial rata-rata 25 menit dan diharapkan tetap fokus.
  3. Jangan lupa secangkir kopi atau minuman yang lainnya serta cemilan.
  4. Mulai belajar. . .
Pengantar Database Server
Database atau disebut juga dengan Pangkalan Data merupakan sekumpulan informasi yang disimpan di dalam storage perangkat keras(computer) secara sistematik sehingga dapat dikelola dengan menggunakan perangkat lunak komputer untuk mendapatkan informasi dari database tersebut. Bahasa generasi keempat(4GL) atau sering disebut dengan Structure Query Language (SQL) merupakan suatu bahasa untuk mengelola sistem database (Database Management System (DBMS).
Database Server berfungsi sebagai menyedia layanan data yang ditempatkan pada Komputer Server sering disebut dengan back endselanjutnya akan di akses oleh Komputer Client disebut dengan front endmodel ini disebut dengan Client-Server
Beberapa fungsi dari Database Server adalah, sbb:
  1. Keamanan data lebih terproteksi.
  2. Dapat menyimpan data yang sangat besar (big data).
  3. Dapat diakses oleh bayak user (multi user) tanpa harus mengganggu dari user 1 ke user yang lainnya.
  4. Dapat dikelola secara efektif, dan masih banyak lagi fungsi yang lainnya.
Perangkat Lunak Database Server
Perangkat Lunak (Software) pada Database Server jenis SQL yang paling banyak digunakan saat ini, baik dari sisi pendidikan maupun dari sisi bisnis adalah MySql Server, Microsoft SQL Server, PostgreSQL dan Oracle.
Database MySQL Server
Database MySQL Server merupakan salah satu dari Database Management System (DBMS) yang didistribusikan secara gratis di bawah lisensi dari General Public License (GPL), dimana setiap orang bebas untuk mengunduh tetapi tidak boleh untuk dijadikan program induk turunannya yang bersifat komersial.
Beberapa Keunggulan Database MySQL Server, diantaranya :
  1. Open Source, didistribusikan secara gratis di bawah lisensi dari General Public License (GPL) dimana setiap orang bebas untuk menggunakannya tetapi tidak boleh menggunakan MySQL Server untuk dijadikan induk turunan yang bersifat close source atau komersial.
  2. Multi User,  dapat digunakan oleh beberapa user dalam waktu yang bersamaan.
  3. Portability, artinya dapat berjalan stabil pada berbagai sistem operasi multi platform, diantaranya : Windows, Linux, FreeBSD, Mac OS X Server, Sun Solaris, dll.
  4. Performance Tuning, mempunyai kecepatan yang tinggi dalam operasi SQL/query.
  5. Column types, memiliki tipe data yang sangat kompleks, seperti; signed/unsigned integer, float, double, char, varchar, text, blob, date, time, enumerial, dll.
  6. Command dan Function, memiliki operator dan fungsi penuh yang mendukung perintah-perintah query.
  7. Security, memiliki beberapa lapisan sekuritas seperti tingkat subnet mask, hostname, privilege user dengan sistem perijinan yang mendetail serta password yang ter-enkripsi.
  8. Scalability dan Limits, mampu menangani basis data dalam jumlah besar, dengan jumlah filed lebih dari 50 juta, 60 ribu tabel, dan 5 milyar record. Batas indeks mencapai 32 buah per tabel.
  9. Localization, dapat mendeteksi pesan kesalahan (error code) pada client dengan menggunakan lebih dari 20 bahasa.
  10. Connectivity, dapat melakukan koneksi dengan klien menggunakan protocol TCP/IP, Unix Socket, Named Pipes.
  11. Interface, memiliki antarmuka terhadap berbagai aplikasi dan bahasa pemrograman dengan menggunakan fungsi API.
  12. Clients dan Tools, dilengkapi dengan berbagai tool yang dapat digunakan untuk administrasi basis data sekaligus dokumen petunjuk online.
  13. Strucur Table, memiliki struktur tabel yang lebih fleksibel dalam menangani alter table (mengubah tabel) dibandingkan dengan PostgreSQL dan Oracle.
Instalasi Database MySQL Dan SQLyog
Instalasi Database MySQL:
Untuk menginstall Database MySql dapat dilakukan dengan mengunduh terlebih dahulu pada url. disini, beberapa jenis versi database mysql yang ada, seperti dapat menggunakan module Xampp under Windows pada url. disinimodule Laragon-Wamp pada url disini, atau MySQL Server murni versi terakhir MySQL 8.0.27.1 (32-bit atau 64-bit).
Instalasi SQLyog:
SQLyog merupakan salah satu MySQL Client dimana berfungsi untuk manajemen atau administrasi pada Database MySQL. Mungkin para pengguna sudah terbiasa menggunakan phpmyadmin untuk manajemen atau administrasi pada Database MySQL yang merupakan sebuah aplikasi yang sudah tertanam dalam module xampp. Pada pembahasan kasus disini untuk melakukan manajemen database menggunakan SQLyog, banyak fitur-fitur yang disediakan oleh SQLyog tapi tidak dimiliki oleh PhpMyAdmin.
SQLyog juga dapat digunakan untuk membuat Stored Prosedure, Function serta Trigger.
SQLyog dipublikasikan dalam dua versi, yaitu versi berbayar dan versi gratis (community), untuk mendapatkan SQLyog versi gratis dapat diunduh melalui situs webnya disini.
SQLyog Sebagai Manajemen Database MySQL 
Pada pengoperasi Database MySQL Server pada pembahasan ini dapat menggunakan perangkat lunak MySQL Client, seperti SQLyog, phpmyadmin, Navicat dll sebagai manajemen database.
Pada pembahasan pengelolaan database MySQL Server disini menggunakan perangkat lunak SQLyogUntuk menjalankan SQLyog Community langkahnya adalah, sbb:
Klik: Start: SQLyog, selanjutnya SQLyog akan menampilkan dialog layar, sbb:
Selanjutnya, klik:  Continue untuk melanjutkan dan akan tampil dialog login sistem (Connect to MySQL Host), sbb:
Keterangan:
  1. MySQL Host Address, isi dengan "localhost" atau no.ip  yang dituju pada server tersebut dari jarak jauh(remote).
  2. User Name,isi dengan "root" atau nama user yang telah terdaftar pada database server tersebut.
  3. Password, isi sesuai dengan "passwordnya" atau dapat diisi kosong sesuai setingannya.
  4. Port, isi dengan "3306" pada umumnya sudah ada dan menjadi defaulnya.
  5. Database: isi dengan "nama database" yang akan Dibuka atau dapat dikosongkan untuk menampilkan semua database yang sudah dibuat.
tips: untuk membuat atau mendaftarkan user baru dapat memilih tab New dialog layar diatas.
Selanjutnya SQLyog akan menampilkan dua jendela, jendela kiri angka 1 & 3 untuk informasi user yang login, informasi database yang sudah dibuat, dll, untuk jendela kanan angka 2 digunakan untuk mengetik perintah-perintah SQLnya, sbb:
Bahasa Pengelolaan Database MySQL Server
Untuk pengelolaan Database MySQL Server dapat digunakan Bahasa Structure Query Language (SQL) yang sering disebut dengan query (yang akan diketikkan pada jendela kanan SQLyog). Query merupakan pengembangan dari SQL sebagai database query serta bahasa pemrograman generasi ke-4 (4GL) yang digunakan untuk mengakses database seperti  melakukan query, update database, serta mengelola hubungan system database.
Pada Structure Query Language (SQL) memiliki tiga jenis bahasa yang digunakan untuk mengelola database, yaitu;
  • Data Definition Language(DDL).
  • Data Manipulation Language(DML).
  • Data Control Language(DCL).
Data Definition Language (DDL)
Data Definition Language - DDL, digunakan untuk membangun objek seperti databases, tables, dan views. Yang termasuk perintah DDL adalah, sbb:

Tipe

Perintah

Keterangan

DDL

CREATE

DROP

ALTER
Digunakan untuk membuat database, table, dan index
Digunakan untuk menghapus database, table, dan index
Digunakan untuk memodifikasi struktur table
Data Manifulation Language (DML)
Data Manipulation Language - DML, berfungsi untuk mengelola atau memanipulasi objek database. Yang termasuk perintah-perintah DML adalah, sbb:

Tipe

Perintah

Keterangan

DML SELECT



INSERT



UPDATE




DELETE
Berfungsi untuk memilih atau menyeleksi menampilkan data yang diambil dari suatu table, dan dapat menggunakan klausa seperti (*)
Berfungsi untuk manipulasi data seperti, menambah data(baris) baru pada suatu table atau view

Berfungsi untuk mengubah isi data pada suatu table. Perintah ini juga dapat menggunakan kondisi tertentu, atau dengan klausa seperti (*).

Berfungsi untuk menghapus data per baris (1record) berdasarkan criteria atau kondisi tertentu, yaitu dengan menggunakan klausa seperti (*).
  (*) Klausa yang dapat digunakan, adalah sebagai berikut:
  • WHERE, berfungsi untuk memfilter atau membatasi data yang akan dicari pada suatu table, sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Selain itu WHERE juga dapat dikombinasikan dengan logika OR (atau) serta AND (dan).
  • ORDER BY, berfungsi untuk mengurutkan (sort) hasil pencarian data berdasarkan satu atau beberapa kolom.
  • LIKE, digunakan untuk memfilter data dengan criteria yang tidak memiliki kepastian.
Data Control Language (DCL)
Data Control Language - DCL, berfungsi untuk melakukan pengontrolan data juga terhadap pengguna pada database server. Yang termasuk perintah-perintah DCL adalah,  sbb:

Tipe

Perintah

Keterangan

DCL

GRANT

REVOKE


Digunakan untuk memberikan hak akses pengguna ke dalam database.
Digunakan untuk menghilangkan hak akses yang telah diberikan dengan perintah GRANT terhadap database.
 Daftar Tipe Data Pada Database MySql

Tipe Data

Keterangan

TIPE DATA NUMERIC:
TINYINT [(M)] [UNSIGNED]
[ZEROFILL]


SMALLINT [(M)] [UNSIGNED]
[ZEROFILL]


MEDIUMINT [(M)][UNSIGNED]
[ZEROFILL]



INT [(M)] [UNSIGNED]
[ZEROFILL]




INTEGER [(M)] [UNSIGNED]
[ZEROFILL]
BIGINT [(M)] [UNSIGNED]

[ZEROFILL]




FLOAT [(M, D)] [ZEROFILL]





DOUBLE [(M, D)] [ZEROFILL]







DOUBLE PRECISION [(M, D)] [ZEROFILL]
REAL [(M, D)] [ZEROFILL]

DECIMAL [(M[,D] )]
[ZEROFILL]


NUMERIC (M, D) [ZEROFILL]
TIPE DATA DATE & TIME:
DATE



DATETIME







TIMESTAMP [ (M) ]




TIME




YEAR [ (2 | 4) ]







TIPE DATA STRING:
[NATIONAL ] CHAR (M) [BINARY]




[NATIONAL] VARCHAR (M) [BINARY]

TINYBLOB, TINYTEXT



BLOB, TEXT



MEDIUMBLOB, MEDIUMTEXT



LONGBLOB, LONGTEXT



ENUM ( ‘value1’,’value2’,...)





SET (‘value1’,’value2’...)

Tipe Integer, tipe data yang sangat kecil. Jika tipe Signed jangkauan nya dari -128 s/d 127. Dan Unsigned jangkauannya  0 s/d 128.
Tipe Integer, tipe data yang kecil. Jika Signed jangkauannya dari -32768 s/d 32768. Maka Unsigned jangkauannya dari 0 s/d 65535.
Tipe Integer, tipe data dengan ukuran menengah. Jika Signed jangkauannya dari -8388608 s/d 8388607. Maka Unsigned jangkauan nya dari 0 s/d 16777215.
Type Integer, tipe data dengan ukuran normal. Jika Signed jangkauannya dari -2147483648 s/d 2147483647. Maka Unsigned jangkauannya dari 0 s/d 4294967295

Sama dengan tipe INT.

Type Integer, tipe data yang besar. Jika Signed jangkauannya dari -9223372036854775808 s/d 9223372036854775808. Maka Unsigned jangkauannya adalah 0 s/d 18446744073709551615.

Type float point, tipe data yang kecil (presisi tunggal). Tidak dapat dijadikan Unsigned. Jangkauan nilai yang diizinkan dari -3.402823466E+38 s/d -1.175494351E-38,0, dan 1.175494351E-38 s/d 3.402823466E+38
Type float point, dengan ukuran normal (presisi ganda). Tidak dapat dijadikan Unsigned. Jangkauan nilai yang diizinkan dari
-1.7976931348623157E+308 s/d
-2.225073858507201E-308,0, dan
2.225073858507201E-308 s/d
1.7976931348623157E+308

Sinonim dengan type Double.

Sinonim dengan type Double.

Type unpacked floating point. Tidak dapat dijadikan Unsigned. Berlaku sama seperti type Char: "unpacked", tipe bilangan disimpan sebagai String.
Sinonim dengan tipe Decimal.

Tipe data berupa tanggal. Jangkauannya adalah dari ‘1000-01-01’ s/d ‘9999-12-31’. Dengan format tanggal dalam bentuk ‘YYYY-MM-DD’
Kombinasi dari tanggal dan waktu. Jangkauannya adalah dari ‘1000-01-0100:00:00’ s/d ‘9999-12-31 23:59:59’. Serta nilai DATETIME dalam format ‘YYYY-MM-DD HH:MM:SS’. Jangkauannya adalah dari ‘1970-01-01 00:00:00’ s/d suatu waktu pada tahun 2037.
Tipe TIMESTAMP pada database MySQL menampilkan nilai dengan format YYYYMMDDHHMMSS, YYMMDDHHMMSS, YYYYMMDD, atau YYMMDD

Tipe data berupa Time. Jangkauannya dari "-838:59:59" s/d "838:59:59". Database MySQL menampilkan nilai TIME dalam format ‘HH:MM:SS’

Bentuk tahun dalam format 2 atau 4 digit (default adalah 4 digit). Nilai yang diizinkan adalah dari 1901 sampai 2155,0000 pada format 4 digit, dan 1970-2069 pada format 2 digit (70-69). MySQL menampilkan nilai YEAR dalam format YYYY

Tipe data string dengan panjang tetap. Sisa jumlah karakter yang belum akan diisi dengan spasi, akan tetapi spasi ini dibuang jika data dipanggil. Jangkauan nilai M adalah 1-255 karakter

Tipe data String dengan panjang berupa variabel.

Tipe data TINYBLOB atau TINYTEXT dengan panjang karakter maksimum 255 karakter.

Tipe data BLOB atau TEXT dengan panjang karakter maksimum 65535 karakter.

Tipe data MEDIUMBLOB atau MEDIUMTEXT dengan panjang karakter maksimum 16777215 karakter.

Tipe data LONGBLOB atau LONGTEXT dengan panjang karakter maksimum 4294967295 karakter.

Tipe data Enumeration. Sebuah obyek string yang hanya boleh memiliki satu nilai, yang terambil dari ‘value 1’,’value2’,..., NULL atau nilai spesial “”error. Tipe data ENUM dapat menampung 65535 pilihan nilai.

Tipe data SET. Sebuah obyek string yang dapat memiliki nilai nol atau lebih, dimana setiap nilai tersebut harus diambil dari ‘value1’,’value2’,... Sebuah SET dapat menampung hingga 64 Anggota.
Penutup
Sekian pembahasan tutorial hari ini tentang Belajar MySQL dari Pemula hingga Lanjut menggunakan Database MySQL Server, selanjutnya akan dibahas latihan pengelolaan database MySQL dengan penggunaan perintah DDL, DML, dan DCL. Sekian dan terima kasih sudah mengikuti terus tutorial pada blog ini, semoga bermanfaat. Salam penulis.
I Ketut Darmayuda
I Ketut Darmayuda I Ketut Darmayuda

Posting Komentar untuk "Belajar MySQL Part#1-Manajemen Database untuk Pemula"

crossorigin="anonymous">