Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PostgreSQL Part#1 - Pengantar Database PostgreSQL untuk Pemula

Pengantar Database PostgreSQL
Pengantar Database PostgreSQL untuk Pemula merupakan sebuah artikel belajar dasar-dasar pengelolaan database dengan postgresql dari dasar. Bagi sahabat semua yang baru belajar tentang database, biasanya untuk dilingkungan kampus disebut basis data. Database postgresql untuk pengelolaannya menggunakan bahasa Structure Query Language (SQL).
Apa itu PostgreSQL? PostgreSQL merupakan salah satu dari sistem database yang sangat baik dan handal untuk penggunaan relasi yang sifatnya open source atau terbuka dan dapat disebarluaskan secara bebas menurut perjanjian lisensi BSD dan saat ini banyak digunakan diperusahaan-perusahaan maupun di lingkungan pendidikan tinggi.
Database PostgreSQL merupakan sistem manajemen database relasional atau yang disebut dengan Database Management System (DBMS) yang dapat dioperasikan pada multi platform Sistem Operasi; seperti Windows, Linux, Macitos, Free BSD dan Open BSD, AIX serta Sun Microsystem (Sun Solaris).
PostgreSQL merupakan database yang sangat stabil karena hampir  20 tahun lebih pengembangannya oleh komunitas open-source. PostgreSQL dapat digunakan sebagai database utama untuk banyak aplikasi berbasis web dan aplikasi mobile serta untuk data analitik (Data Analytics).

Sejarah Database PostgreSQL
Proyek PostgreSQL dimulai pada 1986 di Berkeley Computer Science Department, University of California. Proyek ini awalnya bernama POSTGRES, mengacu pada database Ingres yang juga dikembangkan di Berkeley. Tujuan dari proyek POSTGRES adalah untuk menambahkan fitur minimal yang diperlukan untuk mendukung beberapa tipe data.
Pada tahun 1996, proyek POSTGRES diubah namanya menjadi PostgreSQL untuk menggambarkan dengan jelas dukungannya terhadap SQL. Saat ini, PostgreSQL biasa disingkat Postgres. Sejak itu, PostgreSQL Global Development Group, komunitas kontributor yang berdedikasi terus membuat rilis proyek basis data sumber terbuka dan gratis.
Awalnya, PostgreSQL dirancang untuk berjalan pada platform yang mirip dengan sistem operasi UNIX. Dan kemudian, PostgreSQL dikembangkan dan dijalankan di berbagai platform seperti Windows, macOS, dan Solaris. Sumber: https://www.postgresqltutorial.com/

Alamat Download PostgreSQL
Untuk mendapatkan source installer postgresql dapat didownload pada alamat disini.


selanjutnya pilih/klik tab Download-> selanjutnya akan tampil dialog layar, sbb:


Pada dialog layar diatas sahabat dapat memilih versi sesuai dengan sistem operasi yang digunakan, pada contoh kasus disini admin menggunakan versi Sistem Operasi Microsoft Windows 64-bit, selanjutnya pilih/klik untuk melakukan proses download sampai selesai.

Langkah-langkah Install PostgreSQL
Untuk melakukan proses instalasi untuk versi Microsoft Windows adalah, sbb:
  • Langkah pertama buka folder dimana hasil download postgresql disimpan. 
  • Langkah kedua klik 2x untuk melakukan proses installasi dan selanjutnya ikuti langkah-langkah pada dialog layar.
Pada tutorial disini menggunakan aplikasi laragon untuk melakukan proses instalasinya, baca Cara Install PostgreSQL melalui Laragon.

Tutorial Berikutnya
Penutup
Sekian tutorial pengantar dasar-dasar database PostgreSQL untuk Pemula, antara lain; tentang postgresql ?, sejarah singkat postgresql, alamat resmi download source installer dari postgresql serta petunjuk installasi database postgresql.
Sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat.🙏
I Ketut Darmayuda
I Ketut Darmayuda I Ketut Darmayuda

Posting Komentar untuk "PostgreSQL Part#1 - Pengantar Database PostgreSQL untuk Pemula"

crossorigin="anonymous">