Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Ubuntu - Lengkap Cara Install Ubuntu Server 18.04 LTS

Tutorial Hari Ini
Pengantar Prainstalasi Ubuntu
Cara Install Ubuntu Server 18.04.6 LTS
Pembahasan Materi Selanjutnya
Penutup


Pengantar Prainstalasi Ubuntu Server
Hallo sahabat semua berjumpa kembali pada tutorial hari ini dan tak lupa penulis ucapkan selamat pagi / siang / sore / malam semoga sehat selalu serta dalam lindunganNYA dan tetap jaga kesehatan. Tutorial sebelumnya merupakan pengantar Linux dan Ubuntu Server serta pengaturan Ubuntu Server di VMWare Workstation, seperti pengaturan ruang memory, space harddisk dll. Pada pembahasan berikut ini adalah cara atau langkah-langkah install Linux Ubuntu Server 18.04 LTS. Berikut ini cek poin terlebih dahulu:
  1. Pastikan koneksi internetnya tetap jalan, karena pada saat instalasi diperlukan koneksi internet untuk update file.
  2. Perkiraan waktu 25-30 menit untuk menyelesaikan materi ini tergantung koneksi internetnya dan tetap fokus tentunya.
  3. Biar lebih fokus, jangan lupa secangkir kopi atau teh serta cemilan.
  4. Selamat mencoba...
Cara Install Ubuntu Server 18.04 LTS
Bagian-2: Langkah-langkah Instalasi Ubuntu Server 18.04 LTS. (sebelumnya bagian-1)
Langkah-1. Setelah selesai melakukan pengaturan Ubuntu Server di Vmware Workstation 15 Pro setelah menekan tombol Finish akan tampil gambar, sbb:
Langkah-2. Selanjutnya jalankan Power on this virtual machine dan sistem akan melakukan proses kompilasi kernel, seperti gambar berikut ini:
Langkah-3. Setelah selesai booting dan kompilasi kernel, akan ditampilkan untuk pemilihan bahasa. Pada kasus ini bahasa yang dipilih  adalah English, seperti pada gambar berikut ini:
Langkah-4. Setelah menekan Enter pada pemilihan bahasa yang ditetapkan, sistem akan kembali menampilkan dialog layar untuk konfigurasi Keyboard. Untuk menetapkan keyboard, pada kasus ini pilihan menggunakan default, seperti gambar berikut ini:
Langkah-5. Pada dialog layar Keyboard Configuratioan, pindahkan kursor ke [ Done]  kemudian tekan Enter. Dan sistem kembali akan menampilkan dialog layar untuk pengaturan Jaringan (Network Connections), seperti gambar berikut ini:
Langkah-6. Untuk pengaturan IP (TCP/IP), pindahkan kursor ke ens33 (ens33 merupakan nama dari tipe lan card yang dikenal di ubuntu), selanjutnya tekan tombol enter atau klik untuk menampilkan menu pop-up dan pilih Edit IPv4 kemudian akan kembali  menampilkan dialog layar, seperti gambar berikut ini:
Langkah-7. Pada dialog layar Edit ens33 IPv4 configuration diatas, pilih Manual dan tekan enter, selanjutnya  input datanya kemudian pindahkan ke tab [ Save ] dan tekan enter untuk mengakhiri pengisian data, seperti gambar berikut ini:
Data-datanya:  Subnet        : 192.168.1.1/24
           Address       : 192.168.1.1
           Gateway       : 192.168.1.254
           Name servers  : 192.168.1.1
           Search domains: kosong/tidak diisi
Langkah-8. Setelah menekan enter pada tab [Save], sistem kembali menampilkan dialog layar selanjutnya pindahkan kursor ke tab [ Done ], sbb:
Langkah-9. Selanjutnya tekan enter pada [Done], sistem kembali menampilkan dialog layar untuk konfigurasi proxy. Pada konfigurasi proxy dapat dilakukan nanti dan pindahkan kursor ke tab [ Done ]seperti gambar berikut ini:
Langkah-10. Selanjutnya tekan enter pada tab [Done], sistem kembali akan menampilkan dialog layar tentang Mirror Addresssbb:
Langkah-11. Setelah menekan enter pada tab [Done], selanjutnya dialog layar menampilkan Guided storage configuration (petunjuk media penyimpanan untuk pembagian partisi), sbb:
Langkah-12. Pada dialog layar Guided storage configuration, pindahkan kursor ke Custom storage layout selanjutnya tekan tombol space untuk memberi tanda X, kemudian pindahkkan ke tab [Done] dan tekan enter untuk melanjutkan proses.
Langkah-13. Masih pada dialog layar Storage configuration, pindahkan kursor ke device /dev/sda, sda merupakan nama hardisk type SCSI, selanjutnya tekan tombol enter dan  sistem akan menampilkan dialog menu pop-up, sbb:
Langkah-14. Pada dialog layar Menu Pop-up, pindahkan kursor ke Add GPT Partition kemudian tekan enter sistem kembali menampilkan dialog layar untuk pembuatan partisi. Partisi pertama yang dibuat adalah partisi dengan format swap, partisi ini berkaitan dengan penggunaan memory dimana syarat dari pembuatan partisi swap adalah 2 x ram komputer. Selanjutnya input  besar nilai partisi, disini menggunakan besar(size) yang sudah ditentukan sistem, yaitu max 1023M, selanjutnya kursor pindahkan ke tab [ Create ] kemudian tekan enter, sbb:
tips: untuk membuat partisi di linux secara manual atau custom, buat dua partisi masing-masing; partisi swap yang berkaitan dengan memory dan partisi / atau root.

Langkah-15. Masih pada dialog layar Storage configuration, pada pembuatan partisi kedua partisi / atau root dengan format file system ext4Untuk input  besar nilai partisi kedua menggunakan sisa dari space yang ada setelah pembuatan partisi swap, selanjutnya pindahkan ke tab [ Create ] dan tekan tombol enter, sbb:
Langkah-16. Masih pada dialog layar Storage configuration, pada dialog layar disini untuk menginformasikan file system yang digunakan pada partisi yang dibuat, kemudian pindahkkan ke tab [Done] dan tekan enter untuk melanjutkan proses berikutnya.
Langkah-17. Masih pada dialog layar Storage configuration, setelah menekan tombol enter pada tab [Done] kembali sistem mengkonfirmasi untuk memilih dua opsi, dan untuk melanjutkan proses instalasi pilih dan tekan enter pada tab [Continue].
Langkah-18. Setelah menekan enter pada tab [ Continue ], dialog layar berikutnya adalah Profile setup dialog ini berfungsi untuk menginput data untuk konfigurasi SSH, sbb:
Data-datanya:  Your name         : I Ketut Darmayuda
           Your server's name: ubuntu
           Pick a username   : darmayuda
           Choose a password : ********
           Confirm your password: ******** (isi dapat disesuaikan)
Langkah-19. Proses selanjutnya adalah dialog layar SSH Setup, dan untuk melakukan proses install pindahkan kursor ke Install openSSH server dan tekan tombol space untuk memberi tanda X, kemudian pindahkkan ke tab [Done] dan tekan enter untuk melanjutkan proses.
Langkah-20. Pada dialog layar Featured Server Snaps, untuk memilih module-module yang diperlukan tekan tombol space untuk memberi tanda X atau biarkan kosong untuk memilih defaultnya, selanjutnya pindahkkan ke tab [Done] dan tekan enter untuk melanjutkan proses.
Langkah-21. Selanjutnya akan ditampilkan dialog layar Install complete ! dan proses install Ubuntu Server selesai, selanjutnya pilih tab [ Reboot Now ] dengan menekan enter.
Langkah-22. Selanjutnya setelah booting selesai akan tampil dialog layar untuk login, isi/input nama user dan passwordnya (disesuaikan).
Langkah-23. Setelah berhasil login Ubuntu Server sudah siap untuk dioperasikan.
Materi Selanjutnya
Penutup
Sekian pembahasan tutorial tentang langkah-langkah InsatallUbuntu 64 bit Server 18.04.6 LTS. Sahabat semua yang baru belajar linux perkiraan estimasi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaiakan materi ini kira-kira 30 menit selamat mencoba. Pembahasan selanjutnya adalah perintah dasar, manajemen user dan manajemen file (sistem berkas).
Sekian dan terima kasih sudah mengikuti terus tutorial diblog ini, semoga bermanfaat.
Salam penulis.🙏
I Ketut Darmayuda
I Ketut Darmayuda I Ketut Darmayuda

Posting Komentar untuk "Belajar Ubuntu - Lengkap Cara Install Ubuntu Server 18.04 LTS"

crossorigin="anonymous">