Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahasa R Part#2 - Cara Install RStudio dan Variabel Lingkungan


Tutorial Hari Ini:
Pengantar RStudio
Alamat Download RStudio
Langkah-langkah Install RStudio
Pengaturan Variabel Lingkungan
Memulai Bahasa R pada Lingkungan RStudio
Pembahasan Materi Selanjutnya
Penutup

Pengantar RStudio
Hi sahabat geriatama berjumpa kembali pada tutorial Bahasa R, tutorial ini merupakan kelanjutan dari tutorial sebelumnya. Pada tutorial sebelumnya, sahabat geriatama diajak untuk mengetahui sejarah dari Bahasa R selanjutnya langkah-langkah dari instalasi Bahasa R serta pengujian dari hasil instalasinya. Untuk melangkapi tutorial dari belajar pemrograman Bahasa R, salah satu tool berbasis GUI yang banyak digunakan adalah RStudio.
Apa itu RStudio? RStudio merupakan sebuah tool pemrograman atau integrated development environment (IDE) dari Bahasa R yang memiliki antarmuka lebih lengkap dari RGui. RStudio memiliki 2 versi lisensi, yaitu Open Source Edition dan Commercial Edition. Installer RStudio dapat diunduh atau download pada url https://www.rstudio.com/. sama halnya dengan Bahasa R, RStudio tersedia untuk platform Windows, Mac OS dan Linux. 
Baca juga: Cara Install R
Alamat Download RStudio
Untuk memasang atau menginstall RStudio terlebih dahulu Installer atau source code, dapat diunduh(download) pada alamat url https://www.rstudio.com/products/RStudio/ pada halaman website, sbb:
Selanjutnya pilih atau klik menu download, dan kembali akan tampil dialog layar, sbb:
kemudian tarik kebawah sampai pada halaman berikut:

Selanjutnya pilih yang free download, kemudian akan tampil dialog layar, sbb:

Untuk proses download klik salah satu, misalkan ke RStudio-2021.09.2-382.exe. Selanjutnya menunggu sampai proses download selesai.

Cara Install RStudio
Cara Install RStudio untuk pemrograman R, Langkah pertama buka folder dimana letak hasil dari download Installer atau source code RStudio (RStudio-2021.09.2-382) selanjutnya klik 2x. kemudian akan tampil dialog layar, sbb: 
Pada dialog layar Welcome to RStudio Setup pilih / klik Next untuk melanjutkan. 
Selanjutnya pada dialog layar Choose Install Location, disini pengguna dapat mengubah lokasi folder instalasi yang diinginkan dengan memilih Browse..., pada contoh disini letak folder menggunakan bawaan(default) selanjutnya klik Next. untuk melanjutkan. 
                              
Pada dialog layar Choose Start Menu Folder, disini pengguna dapat mengubah nama lain dan memilih lokasi folder Start Menu, selanjutnya klik Next. untuk melanjutkan proses instalasinya.
Setelah proses installasi (Installing) selesai maka akan ditampilkan dialog layar, selanjutnya klik Finish untuk mengakhiri proses Install tool RStudio.
Proses installasi IDE RStudio selesai dilakukan dan selanjutnya Bahasa R siap dijalankan melalui IDE RStudio.

Seting Variabel Lingkungan
Setelah selesai menginstal Bahasa R dan IDE RStudio yang perlu diatur adalah variabel lingkungan. Untuk seting variabel lingkungan bahasa R bertujuan agar letak dari folder System R dan IDE RStudio dapat dikenali diseluruh lingkungan sistem komputer yang digunakan (sebagai catatan: proses ini perlu dilakukan bila menggunakan versi sebelum Windows 10), langkah kerjanya, sbb:
Aktifkan Window explorer selanjutnya pindahkan kursor ke This PC seperti gambar di bawah, kemudian klik kanan mousnya dan pilih Properties, sbb:
Selanjutnya akan tampil dialog layar About, kemudian pilih Advanced system settings, sbb:
Dari dialog layar System Properties, selanjutnya pilih Advanced kemudian Environment Variables dan akan tampil kembali dialog, sbb:
Dari dialog layar System Properties, selanjutnya pilih Advanced kemudian Environment Variables dan akan tampil kembali dialog, sbb:
Dari dialog layar Environment Variables, pindahkan ke jendela bawah (System variables) selanjutnya pilih Path kemudian pilih Edit dan akan tampil dialog Edit environment variable, sbb:
Dari dialog layar Edit environment variable pilih New selanjutnya ketik atau salin letak folder dimana folder System R dan RStudio diinstall, seperti pada contoh diatas. Untuk mengakhiri pengaturan sistem variabel pilih OK sebanyak 3x sampai keluar dari layar pengaturan sistem variabel lingkungan.

Memulai R pada Lingkungan RStudio
Untuk memulai R pada IDE RStudio, Klik»Start Windows» RStudio selanjutnya akan tampil lingkungan kerja dari Bahasa R, sbb:
Pengujian ke-1: akan menampilkan sebuah tulisan "Selamat Belajar Bahasa R pada lingkungan RStudio",operasi aritmatika: 4+5, 9-1, 5x5 langsung diketik pada prompt (>)melalui Console dan perhatikan hasilnya, yang menjadi pembeda adalah variabel text dan isinya disimpan pada lingkungan jendela kanan atas.
Pengujian ke-2: untuk menguji perintah pembuatan grafik (graph) dengan menggunakan fungsi plot() dengan koordinat tertentu melalui R Console adalah, sbb :
Penutup
Pada pembahasan tutorial lanjutan dari Bahasa R, sahabat semua diajak untuk mendapatkan installer dari IDE RStudio pada alamat download serta langkah-langkah installasi IDE RStudio, kemudian pengaturan variable lingkungan serta pengoperasian R pada IDE RStudio. 
Sahabat geriatama kira-kira waktu yang dibutuhkan 25 menit saja, tapi tergantung kecepatan koneksi internetnya juga, selanjutnya akan dibahas aturan penulisan, pemberian komentar dan bekerja dengan variabel (variable) serta tipe data (data types) pada Bahasa R. Sekian dan terimakasih, semoga bermanfaat. Salam.🙏
I Ketut Darmayuda
I Ketut Darmayuda I Ketut Darmayuda

Posting Komentar untuk "Bahasa R Part#2 - Cara Install RStudio dan Variabel Lingkungan"

crossorigin="anonymous">