Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Python Part#4- Cara Install Visual Studio Code dan Mengintegrasikan ke Python


Tutorial Hari Ini
Pengantar & Persiapan Awal
Instalasi Text Editor Visual Studio Code
Mengintegrasikan Python Ke Visual Studio Code
Latihan Membuat Program
Pembahasan Materi Selanjutnya
Penutup

Pengantar Dan Persiapan Awal
Hello sahabat semua apa khabar ?, baik-baik bukan dan tetap jaga kesehatannya. Sahabatku berjumpa kembali pada pembahasan materi hari ini, pada pembahasan tutorial sebelumnya sudah belajar memahami aturan penulisan dan pemberian komentar pada  Bahasa Python Sebagai persiapan awal sebelum membahas lebih detailnya persiapkan terlebih dahulu, sbb:
1. Pastikan koneksi internetnya tetap jalan.
2. Esitimasi waktu 30 menit, tetap fokus dan disiplin, bila belum selesai jangan meninggalkan
    tempat duduk.
3. Jangan lupa secangkir kopi atau teh serta cemilan.
4. Mulai Belajar. . .

Instalasi Text Editor Visual Studio Code
Cara Install Visual Studio Code dan Mengintegrasikan ke Python langkahnya, sbb: yang pertama Text Editor Visual Studio Code dapat diunduh pada alamat url https://code.visualstudio.com/download selanjutnya hasil download Visual Studio Code klik 2x untuk melakukan instalasi, kemudian akan tampil dialog layar, sbb:
Dari dialog layar Setup klik OK untuk melanjutkan instalasi, selanjutnya akan tampil dialog layar, sbb:
Selanjutnya pindahkan kursor ke option I accept the agreement kemudian klik Next untuk melanjutkan dan akan tampil dialog layar, sbb:
Pada dialog layar Select Destination Locatian, pilihan ini digunakan untuk mengubah dimana lokasi folder tempat instalasi Visual Studio Code nya, untuk kasus ini tidak perlu mengubah lokasinya dan selanjutnya pilih Next dan akan tampil dialog layar, sbb:
Pada dialog layar Ready to Install dimana pilihan ini digunakan untuk menginformasikan apa saja yang akan diinstall dan selanjutnya pilih Install.
Pada dialog Installing dialog ini menampilkan proses instalasinya dan menunggu beberapa saat sampai instalasi selesai. Selanjutnya klik Finish untuk mengakhiri pemasangan Visual Studio Code.

Mengintegrasikan Python Ke Visual Studio Code
Untuk mengintegrasikan interpreter Bahasa Python pada Visual Studio Code langkahnya, sbb: Aktifkan Visual Studio Code dan aktifkan folder kerjanya, sbb:
Pindahkan atau klik kursor ke Extention, selanjutnya klik install Python untuk melakukan proses instalasi pada Visual Studio Code.
Pada dialog layar berikut ini menunjukkan hasil dari instalasi Python pada Visual Studio Code, sbb:
Selanjutnya untuk menguji interpreter Bahasa Python pada Visual Studio Code. Buka file hello.py pada folder kerja C:\tutorial\py-console> yang dibuat sebelumnya dan dialog layar, sbb:
                                  
Selanjutnya di eksekusi atau Run, pada kanan atas ada icon segitiga kemudian diklik dan hasilnya, sbb:

Latihan Membuat Program
Pada latihan membuat program kali ini bertujuan untuk lebih memahami dari konteks penjelasan sebelumnya, teks editor yang akan kita gunakan adalah Visual Studio Code untuk mengikuti trend yang sedang banyak digunakan oleh para programmer atau developer software saat ini.
Skenario
Pada latihan aplikasi dasar yang pertama, kita akan membuat program untuk menangi perhitungan sederhana, sasaran latihan ini untuk lebih memahami aturan penulisan serta penggunaan variabel dan penggunaan operator aritmatika. Sebagai input adalah bilangan kesatu(variabel X) dan bilangan kedua(variabel Y) yang mana hasilnya akan disimpan pada suatu variabel serta menggunakan operator tambah(+), kurang(-), kali(x), bagi(/), sisa_bagi(%) dan pangkat(**) sedangkan perintahnya menggunakan fungsi print()
Langkah kerjanya, sbb:
  1. Aktifkan Visual Studio Code selanjutnya open folder kerjanya, yaitu: C:\tutorial\py-console.
  2. Pastikan kursor aktif pada folder C:\tutorial\py-console selanjutnya disebelah kanan pilih simbol New File kemudian ketik nama file latihan1.py dan isinya, sbb:
Penjelasan, sbb:
Dari hasil operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, sisa pembagian dan pangkat tidak ada deklarasi tipe data berjenis number, seperti contoh int(bilangan bulat), float(bilangan pecahan), dll. Seperti pada pemrograman bahasa yang lain.
Bagaimana? sangat sederhana, dan gambang alias tidak rumit...

Untuk latihan: buat tugas11 dan tugas12 yang merupakan pengembangan dari latihan1, silahkan dikerjakan untuk lebih memahami dari dasar-dasar membuat program dengan Bahasa Python.

Ubahlah program latihan1.py menjadi tugas11.py dimana pengembangannya menambahkan keterangan hasil setiap baris dan tugas12.py menambahkan keterangan judul dari aplikasi yang dibuat, sehingga hasilnya masing-masing", sbb:
Hasil untuk tugas11.py, sbb:
Hasil untuk tugas12.py, sbb:


Materi Selanjutnya
Penutup

Sekian pembahasan untuk instalasi Visual Studio Code dan mengintegrasikan Bahasa Python ke Visual Studio Code, serta latihan pembuatan program. Bagaimana mudah kan? 
Selanjutnya penggunaan variable, type data, serta operator. 
Sekian semoga bermanfaat. Salam.🙏

I Ketut Darmayuda
I Ketut Darmayuda I Ketut Darmayuda

3 komentar untuk "Belajar Python Part#4- Cara Install Visual Studio Code dan Mengintegrasikan ke Python "

Farras Naufal 22 September 2021 pukul 09.16 Hapus Komentar
Keren Sekali Postingannya Pak 👏

Saya Suka Postingan ke-4 ini saat penjelasan conditional statement nya sangat rinci dan di ringkas dengan sangat baik oleh versi postingan ini, dan saya pun jadi sangat tertarik dengan Bahasa Pemrograman Python untuk pernyataan berkondisi lebih simple dibandingkan dengan Pemrograman JavaScript

Next boleh dong pak request bahas tentang Database untuk bahasa Pemrograman Python 😁👍
Bella Regina 22 September 2021 pukul 09.37 Hapus Komentar
Penjelasannya gampang dimengerti, ada contohnya juga jadi bisa mengikuti dengan mudah, terima kasih banyak artikelnya membantu
Budi Prasetio 22 September 2021 pukul 10.13 Hapus Komentar
Alhamdulillah sangat mudah memahami materi nya. Bisa jadi reference untuk bahan ajar. Terimakasih ilmunya sangat bermanfaat..
crossorigin="anonymous">