Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Python Part#3 - Aturan dan Cara Penulisan Python

Tutorial Hari Ini
Pengantar Dan Persiapan Awal
Membuat Program Pertama
Aturan Penulisan Bahasa Python
Pemberian Komentar Pada Program
Pembahasan Materi Selanjutnya
Penutup

Pengantar Dan Persiapan Awal
Sahabat semua berjumpa kembali pada tutorial Aturan dan Cara Penulisan Python, tutorial ini kelanjutan dari tutorial sebelumnya. Pada tutorial sebelumnya sahabat sudah belajar langkah-langkah instalasi Bahasa Python serta mengatur variabel lingkungan (environment variables) pada sistem operasi. Selanjutnya pada pembahasan hari sahabat semua akan belajar cara pembuatan atau penulisan program yang pertama, kemudian memahami aturan penulisan (sintaks) serta memberikan sebuah keterangan / komentar pada sebuah  program. Sahabat semua kira-kira waktu yang dibutuhkan 15 menit saja dan tetap fokus. Mulai belajar...

Membuat Program Pertama
Untuk membuat program dengan Bahasa Python ada dua cara, Cara penulisan python yang pertama menggunakan console/shell secara interaktif pada Bahasa Python yaitu, Interpreter Prompt langsung dieksekusi dari command line (Command Prompt di DOS). Cara penulisan python yang kedua buat terlebih dahulu programnya menggunakan teks editor selanjutnya dieksekusi dari command line menggunakan interpreter prompt dengan menggunakan perintah python dengan nama_program yang berekstension.py, sebagai contoh latihan1.py.

Untuk lebih jelasnya ikuti langkah-langkah, berikut ini:
  1. Buat folder kerja misalkan di C:\tutorial, kemudian buat sub-foldernya dengan nama py-console langkahnya aktifkan command prompt melalui cmd sampai yang aktif misalkan C:\Users\Acer> (ini dapat berbeda di masing-masing komputer) selanjutnya dari directory C:\Users\Acer> ketik cd\ ◄┘, selanjutnya buat folder utama dengan perintah md tutorial◄┘ kemudian masuk dengan perintah cd tutorial◄┘ selanjutnya buat sub-foldernya dengan perintah md py-console◄┘ kemudian masuk kembali dengan perintah cd py-console◄┘ dan hasilnya C:\tutorial\py-console>
  2. Cara pertama, aktifkan interpreter Bahasa Python dengan perintah python. Langkahnya, dari prompt C:\tutorial\py-console>python ◄┘Python 3.9.7 (tags/v3.9.7: 1016ef3, Aug 30 2021, 20:19:38) [MSC v.1929 64 bit (AMD64)] on win32 Type "help", "copyright", "credits" or "license" for more information. Selanjutnya ketik perintah:
          >>print("Hello, Dunia, Ini Program Pertama Saya Dengan Python")◄┘
             Hasil: Hello, Dunia, Ini Program Pertama Saya Dengan Python

      3. Cara kedua menggunakan IDLE Shell Python , aktifkan IDLE Shell, langkahnya, sbb:
          Dari logo window klik Start, pilih IDLE(Python 3.9 64-bit) akan tampil layar, sbb:
Selanjutnya pilih 
» File » New File kemudian mulai ketik scriptnya, sbb:
#-- Nama program: hello.py --
print("Hello, Dunia, Ini Program Pertama Saya")
kemudian disimpan dengan nama hello.py 

Selanjutnya klik» menu Run, » Run Module atau F5 akan tampil layar, sbb:
Cara Penulisan Python
Cara Penulisan Python bila kita perhatikan contoh program di atas dari Bahasa Python tidaklah serumit kalau dibandingkan pemrograman dengan Bahasa Java, C++ atau C dll. Coba perhatikan potongan program di bawah ini:
Bahasa Java
Public class Hello{
Public static void main(String args[]){
    System.out.println("Ini Bahasa Java");
}
Bahasa C++
#include <iostream>
int main(){
  std::cout << "Ini Bahasa C++";
  return 0;
}
Bahasa C
#include <stdio.h>
int main(void)
{
  printf("Ini Bahasa C");
  return 0;
}
Bahasa Python
print("Ini Bahasa Python")
Catatan: Bahasa Python paling sederhana.
Case Sensitive
Penulisan Bahasa Python bersifat case sensitif, yang artinya penulisan huruf besar dan huruf kecil akan berbeda artinya. Sebagai contoh untuk mencetak ke layar menggunakan perintah print(“Ini Teks”), bila menggunakan perintah Print(“Ini Teks”) atau PRINT(“Ini Teks”), ketika di RUN akan terjadi error. Aturan penulisan atau sintaks yang lain tidak menggunakan tanda khusus di akhir baris seperti titik koma(;) juga tidak terlalu rumit terhadap tipe datanya, hanya saja untuk penulisan looping wajib menggunakan indentasi (agak masuk kedalam mengikuti code diatasnya) biasanya pada pernyataan berkondisi ini berfungsi sebagai pembentukan struktur program misalkan pada looping tujuannya agar program mudah dikontrol.
Sebagai contoh:

Penulisan yang BENAR:
buah = ["Apel","Anggur","Durian"]
for x in buah:
    print(x) #ada indentasi.

Penulisan yang SALAH:
buah = ["Apel","Anggur","Durian"]
for x in buah:
print(x) #tidak ada indentasi.

Pemberian Komentar Pada Python
Baris komentar (comment) berfungsi untuk memberikan sebuah algoritma singkat atau keterangan pada kode program sehingga alur program lebih mudah dipahami. Demikian juga pada Bahasa Python, pada baris komentar (comment) tidak akan disertakan pada eksekusi program oleh mesin. Pemberian komentar pada kode program dapat menggunakan dua simbol, seperti # (tanda pagar) ini berfungsi untuk pemberian keterangan satu baris sedangkan untuk simbol " " " kutip dua tiga kali, ini untuk memberikan keterangan lebih dari satu baris, sebagai contoh:

Satu komentar:
#penggunaan perintah FOR:
buah = ["Apel", "Anggur", " Durian "]
for x in buah:
print(x)

Banyak komentar:
"""cara penggunaan perintah FOR:
akan tercetak sebuah nilai selama kondisi bernilai benar """
buah = ["Apel", "Anggur", " Durian "]
for x in buah:
print(x)

Penutup
Sekian pembahasan tutorial hari ini, tentang cara membuat/menulis program python, aturan penulisan (sintaks) serta pemberian komentar atau keterangan pada program. Selanjutnya akan dibahas cara mengintegrasikan Bahasa Python dengan text editor Visual Studio Code. Sekian semoga bermanfaat. Salam. 🙏
I Ketut Darmayuda
I Ketut Darmayuda I Ketut Darmayuda

1 komentar untuk "Belajar Python Part#3 - Aturan dan Cara Penulisan Python "

Bella Regina 22 September 2021 pukul 09.39 Hapus Komentar
materinya bagus & lengkap, juga ada tabelnya jadi mudah untuk melihat perbedaan masing2 tipe data & fungsinya, mantap!
crossorigin="anonymous">