Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Windows Part.2 - Pengantar Windows Server dan Pengaturan pada VMWare


Tutorial Hari Ini
Pengantar Dan Persiapan Awal
Pengantar Microsoft Windows Server
Pengantar Windows Server 2003 
Pengaturan VMWare Workstation
Pembahasan Materi Selanjutnya

Penutup

Pengantar Dan Persiapan Awal
Hallo sahabat semua, selamat pagi / siang / sore / malam semoga sehat selalu serta dalam lindunganNYA.Tutorial sebelumnya merupakan pengantar dari Sistem Operasi seperti, Konsep Dasar, Komponen & Layanan serta Sejarah dari Sistem Operasi. Pada pembahasan selanjutnya seperti biasa sebelum membahas lebih detailnya persiapkan terlebih dahulu berikut ini:
  1. Pastikan koneksi internetnya tetap jalan.
  2. Estimasi waktu 25 menit untuk menyelesaikan materi ini tetap fokus dan jangan meninggalkan sebelum selesai.
  3. Seperti biasa secangkir kopi atau teh serta cemilan.
  4. Mulai belajar. . .
Pengantar Microsoft Windows Server
Windows Server merupakan merek dagang dari Sistem Operasi berbasis Server yang dirilis oleh perusahaan Microsoft Corporation. Windows Server biasanya digunakan sebagai server jaringan pada suatu perusahaan, berbagai layanan jaringan, seperti berbasis cloud, sebagai server website, dan masih banyak lagi. Disamping berbasis server Microsoft Corporation terlebih dahu merilis Windows berbasis client antara lain, dan yang paling banyak digunakan saat ini adalah Windows 10 dan saat ini sudah dirilis Windows 11 (baca juga sejarah sistem operasi windows). Generasi windows server awalnya adalah NT40 (New Teknology 4.0) selanjutnya menggunakan nama Windows NT Server pada masanya baik windows server maupun windows client sangat mendominasi dalam penggunaannya.
Beberapa Rilis Windows Server
Windows Server 2003 merupakan sebuah versi sistem operasi Microsoft Windows yang ditujukan untuk pasar server korporat. Nomor versi internalnya adalah Microsoft Windows NT 5.2 build 3790. Dulunya dikenal dengan, NET Server, Windows .NET Server, Windows XP Server, atau Whistler Server. Sistem operasi ini merupakan kelanjutan dari sistem Windows 2000 Server. Beberapa rilis dari windows server, sbb:
  • Windows Server 2008, rilis Windows Server yang beredar sebelum Windows Server 2012.
  • Windows Server 2008 R2, rilis Windows Server 2008 selanjutnya, yang berbasiskan kode yang sama dengan Windows 7.
  • Windows HPC Server 2008, sebuah versi Windows Server yang ditujukan untuk komputer dengan performa komputasi tinggi.
  • Windows Server 2012, rilis Windows Server yang beredar sebelum Windows Server 2012 R2.
  • Windows Server 2012 R2, rilis Windows Server 2012 selanjutnya, yang berbasiskan kode yang sama dengan Windows 8.1. Rilis ini sedang diedarkan oleh Microsoft.
  • Windows Server 2016, rilis mendatang Windows Server, yang berbasiskan kode yang sama dengan Windows 10.
  • Windows Small Business Server, sistem operasi Windows Server untuk kalangan bisnis kelas-kecil
  • Windows Essential Business Server, produk yang serupa dengan Small Business Server, tetapi untuk kalangan bisnis kelas-menengah.
  • Windows Home Server, produk server untuk kalangan rumahan dengan fitur; file sharing dan streaming, backup otomatis dan remote access.
  • Windows Server 2019, rilis Windows Server, yang masih berbasiskan kode yang sama dengan Windows 10. 
  • Windows Server 2022, Preview Windows Server Terbaru.
Pengantar Windows Server 2003
Sebagai pembahasan detail dari sistem operasi windows penulis mengajak adik-adik mahasiswa baru atau yang baru belajar sistem operasi. Pada Praktikum secara mandiri dapat menggunakan Windows Server 2003, alasanya agar yang memiliki Komputer PC atau Laptop yang rata-rata dengan ram komputer 2 / 4 GB dapat praktek secara mandiri, karena pada versi-versi berikutnya akan membutuhkan hardware yang lebih tinggi. Windows Server 2003 atau versi yang lebih tinggi untuk konfigurasinya rata-rata hampir sama. Windows Server 2003 tepatnya tanggal 24 April 2003 oleh perusahaan Microsoft mengupgrade Sistem Operasi Windows 2000 Server yang mana menawarkan fitur-fitur keamanan yang baru, juga memiliki pemandu untuk mempermudah konfigurasi sistem yang dinamakan dengan Manage Your Server Wizard serta peningkatan kinerja sistemnya. Beberapa layanan yang tidak terlau dibutuhkan didalam lingkungan Windows Server 2003 dinonaktifkan secara default.
Pada Bulan Desember 2005 Microsoft merilis Windows Server 2003 R2 merupakan Windows Server 2003 Service Pack1 memiliki beberapa paket tambahan diantaranya fitur-fitur manajemen untuk integrasi dengan kantor-kantor cabang, juga terintegrasi dengan identitas yang sangat luas. Windows Server 2003 tersedia dalam lima buah edisi, sbb:
»Windows 2003 Web Edition
»Windows 2003 Standard Edition
»Windows 2003 Enterprise Edition
»Windows 2003 Datacenter Edition
»Windows 2003 Small Business Server
Serta Windows Server 2003 mempunyai beberapa fasilitas, antara lain:
»File server
»Print server
»Web server
»Mail server
»Multimedia server
»Domain Name System (DNS) Server
»Aplikasi server, seperti (Web server, FTP server, dll)
»Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) Server dan juga bisa sebagai router (NAT)

Catatan: untuk belajar instalasi sistem operasi baik under Windows, under Linux atau under Unix sebaiknya menggunakan sofware Vmware atau Virtual Box, sehingga tidak mengganggu arsip atau dokumen-dokumen yang terdapat pada storage. Disini proses instalasi menggunankan VMware dan telah diinstall.
Pengaturan VMWare Workstation
Langkah-langkah instalasi Windows Server 2003 menggunakan VMware Workstation ada dua bagian, sbb:
Bagian-1: Pengaturan kebutuhan pada VMware Workstation
Aktifkan Vmware Workstation yang sudah diinstall dapat melalui desktop atau menu standar windows, sbb:
Vmware Workstation 15 Pro memiliki tiga pilihan masing-masing, sbb:
  1. Create a New Virtual Machine, pilihan ini berfungsi untuk membuat/menginstal sistem operasi baru.
  2. Open a Virtual Machine, pilihan ini berfungsi untuk membuka sistem operasi yang telah diinstall sedangkan;
  3. Connect to a Remote Server, pilihan ini berfungsi untuk meremote server atau berfungsi untuk masuk ke server dari komputer yang berbeda, dapat  dari jarak jauh. Selanjutnya pilih Create a New Virtual Machine untuk melakukan proses instalasi Microsoft Windows Server 2003 dan akan tampil, sbb:
Selanjutnya pilih Custom agar user dapat menentukan sendiri instalasinya, kemudian pilih Next untuk melanjutkan dan akan tampil dialog layar, Choose the Virtual Machine Hardware Compatibility, sbb:
Selanjutnya pilih Next dan akan tampil dialog layar, sbb:
Pindahkan ke opsi Installer disc image file (iso), kemudian klik Browse untuk membuka file.isonya, selanjutnya klik Next dan akan tampil dialog layar, sbb:
Pindahkan ke opsi Microsoft Windows pada Version pilih Windows Server 
2003 Standard Edition, sbb:
Selanjutnya klik Next dan akan tampil dialog layar Processor Configuration, pilih Next kembali untuk menentukan Memory yang akan digunakan, sbb:

(tips:biasanya bila menggunakan VMware memory yang digunakan adalah memory defaultnya)

Selanjutnya pilih Next kembali, untuk mengaktifkan Tipe Jaringan (Network type) pada pilihan ini menggunakan pilihan default nya, sbb:
Setelah memilih Next selanjutnya memilih I/O Controller Types pada pilihan ini menggunakan pilihan default nya, sbb:
Pilih Next untuk memilih tipe disk pada pilihan ini juga menggunakan pilihan default nya, sbb:
Setelah mimilih Next, selanjutnya memilih Create a new virtual disk pada pilihan ini menggunakan pilihan default nya. Selanjutnya menentukan maksimum hardisk yang akan digunakan. Pada kasus ini hanya menggunakan besarnya hardisk 3GB, sbb:
Selanjutnya pilih Next untuk menetapkan besarnya hardisk yang akan digunakan pada instalasi Windows Server 2003 Standard Edition, sbb:
Selanjutnya klik Next dan akan tampil dialog layar, sbb:
Selanjutnya klik Finish dan VMware workstation akan membuat image dari Windows Server 2003 Standard Edition, sbb:
Penutup
Sekian pembahasan tutorial hari ini tentang Pengantar Microsoft Windows Server dan Windows Server 2003 Standard EditionPengaturan pada VMware Workstation. Pembahasan selanjutnya adalah langkah-langkah insatalasi Windows Server 2003 Standard Edition. Sekian dan terima kasih sudah mengikuti terus tutorial ini, semoga bermanfaat.
Salam.
I Ketut Darmayuda
I Ketut Darmayuda I Ketut Darmayuda

Posting Komentar untuk "Windows Part.2 - Pengantar Windows Server dan Pengaturan pada VMWare"

crossorigin="anonymous">