Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Windows Part.3 - Cara Install Windows Server 2003 Melalui VMmware


Tutorial Hari Ini
Pengantar Dan Persiapan Awal
Instalasi Windows Server 
2003 Standard Edition
Pembahasan Materi Selanjutnya
Penutup


Pengantar Dan Persiapan Awal
Hallo sahabat semua berjumpa kembali pada tutorial ini dan tak lupa penulis ucapkan selamat pagi / siang / sore / malam semoga sehat selalu serta dalam lindunganNYA.
Tutorial sebelumnya merupakan langkah-langkan pengaturan Windows 2003 Server Standard Editional pada VMWare Workstation seperti pengaturan ruang memory, space harddisk dll. Sahabat semua untuk menyelesaikan materi ini estimasi waktu 25 menit. Baik mulai belajar. . .
Instalasi Windows Server 2003 
Bagian-2: Langkah-langkah Instalasi Windows 2003 Server Standard Edition
Langkah-1. Pada langkah ini setelah selesai pengaturan di VMware (seperti gambar diatas) jalankan Power on this virtual machine dan akan tampil dua pilihan, sbb:
Selanjutnya pilih salah satu opsi tipe A | B. Pada contoh ini ketik B untuk memilih jenis Windows Server 2003 Standard Edition (user dapat mencoba yang lain). Selanjutnya setelah mengetik B dilanjutkan dengan menekan tombol enter dan akan tampil dialog, sbb:
Tips: bila pada saat proses instalasi kursornya hilang tekan satu kali kombinasi tombol Ctrl + Alt. untuk mengaktifkan kembali.
Pada tampilan layar diatas ada tiga jenis pilihan yang ditampilkan oleh sistem, sbb:
  1. Pilihan Enter = Continue, dengan menekan tombol enter proses instalasi akan dilanjutkan.
  2. Pilihan R = Repair, dengan menekan tombol R proses ini digunakan untuk memperbaiki sistem Instalasi dan pilihan ini bila sistem operasinya sudah terinstall.
  3. Pilihan F3 = Quit, dengan menekan tombol F3 proses ini akan keluar dari instalasi. Dan untuk melanjutkan proses instalasinya tekan tombol enter, selanjutnya akan tampil dialog layar, sbb:
Selanjutnya pilih F8= I agree untuk menyetujui License agar proses instalasi dapat berlanjut.
Klik mouse 1x pada Unpartitioned space, selanjutnya pilih C= Create untuk membuat partisi baru, sbb:
Pada tampilan layar diatas ketik angka 1000(10GB), selanjutnya tekan enter dan akan tampil kembali dialog layar dengan terbentuk 1 partisi, sbb:
Selanjutnya pindahkan kursor ke bawah ke sisa space, kemudian tekan enter dan akan tampil dialog layar, sbb:
Pada tampilan layar diatas ada 4 pilihan untuk memformat serta menentukan file sistemnya. Untuk kasus ini pilihan menggunakan defaultnya (NTFS file system tanpa quick), selanjutnya tekan enter untuk melakukan proses format Hard Disk dan membuat partisi dan juga sistem akan menyalin kebutuhan file-file instalasi dari Windows 2003 Server, setelah selesai akan tampil dialog layar untuk melakukan reboot, sbb:
Setelah melakukan booting akan dilanjutkan kembali dengan tampilan instalasi berbasis Grafical User Interface (GUI), sbb:
Selanjutnya akan tampil dialog layar untuk mengisi data komputer nama komputer (Name) dan organisasi (Organization), sebagai contoh:
  Diisi dengan Name: ns singkatan dari network system dapat diisi dengan nama yang lainya.
           OrganizationNakula dapat diisi dengan nama yang lainya, selanjutnya klik Next.
Pada dialog layar your product key ini berfungsi untuk mengisi serial number (SN).
Pada umumnya setiap sistem operasi under windows akan memiliki product key atau serial number, kemudian setelah selesai mengisi SN, klik Next untuk melanjutkan.
Selanjutnya pada dialog layar Licencing Modes, pada tahapan ini user akan memilih 2 opsi masing-masing, sbb: 
  1. Per Server Number, pilihan ini memiliki arti jumlah 1 lisensi untuk mengakses berapa user atau pengguna.
  2. Per Device (seat), pilihan ini misalkan mengisi 50 pada CAL (Client Access License), artinya 1 lisensi akan dimiliki dan dapat diakses oleh 50 user dalam waktu yang bersamaan. CAL(Client Access License) adalah lisensi untuk mendapatkan hak akses ke server oleh setiap user atau device yang terhubung ke server. Selanjutnya klik Next dan akan tampil dialog layar, sbb:
Pada dialog layar diatas berfungsi untuk menetapkan nama komputer misalkan “NAKULA” serta tipe Administrator password, misalkan: admin dan confirm password diisi admin (silahkan isi nama komputer dan passwordnya diisi dengan yang lainnya) selanjutnya pilih Next untuk melanjutkan.
Pada dialog layar ini pilihlah Yes untuk melanjutkan proses. Biasanya setiap user membuat password administrator akan tampil informasi seperti dialog tersebut, selanjutnya klik Next.
Pada dialog diatas berfungsi untuk menetapkan dan menyesuaikan tanggal dan waktu, selanjutnya klik Next untuk melanjutkan proses instalasinya, sbb:
Pada dialog layar Networking Settings digunakan untuk menampilkan pengaturan jaringan pada dialog ini pilihan menggunakan Typical settings. Selanjutnya klik Next.
Pada dialog layar Workgroup or Computers Domain berfungsi untuk pengaturan Workgroup pada dialog ini pilihan menggunakan opsi default. Selanjutnya klik Next untuk melanjutkan.
Pada dialog layar ini untuk menampilkan proses instalasi dilanjutkan kembali.
Setelah selesai instalasi, untuk login ke sistem tekan tombol Ctrt+Alt+Delete.
Setelah menekan tombol Ctrt+Alt+Delete akan tampil Log On to Windows, selanjutnya isikan dengan User name: Administrator dan Password: ***** selanjutnya klik tombol OK.
Setelah berhasil Log In layar akan tampil, sbb: 
Penutup
Sekian pembahasan tutorial hari ini tentang langkah-langkah instalasi Windows 2003 Server Standard Edition pada VMware Workstation. Pembahasan selanjutnya merupakan langkah-langkah konfigurasi sistem dari Windows 2003 Server Standard Edition. Sekian dan terima kasih sudah mengikuti terus tutorial di blog ini, semoga bermanfaat. Salam penulis.
I Ketut Darmayuda
I Ketut Darmayuda I Ketut Darmayuda

Posting Komentar untuk "Windows Part.3 - Cara Install Windows Server 2003 Melalui VMmware"

crossorigin="anonymous">