Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Python Part#2 - Cara Install Python 3.9 di Windows 10


Tutorial Hari Ini
Pengantar Dan Persiapan Awal
Alamat URL Untuk Download Bahasa Python
Langkah-langkah Instalasi Bahasa Python
Mengatur Variabel Lingkungan
Menguji Hasil Instalasi Bahasa Python
Pembahasan Materi Selanjutnya
Penutup

Pengantar Dan Persiapan Awal
Berjumpa kembali sahabat semua, tutorial Cara Install Python 3.9 di Windows 10 merupakan kelanjutan dari tutorial sebelumnya. Pada tutorial sebelumnya, sahabat diajak untuk mengetahui sejarah Bahasa Python perlu kita mengetahui paling tidak untuk menghargai pembuatnya, disamping untuk mengetahui sejarah perkembangannya juga agar mengetahui manfaat dari belajar Python serta untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Sahabat semua sebelum melakukan instalasi sebagai persiapan awal, apa saja yang diperlukan untuk memulai instalasi dan belajar pemrograman Bahasa Python, antara lain:
  1. Perangkat Komputer dapat PC, Laptop, Netbook dsb. serta koneksi internet tentunya. 
  2. Interpreter Bahasa Python, Python dapat di download / unduh pada alamat url. https://www.python.org    
  3. Integreted Development Environmet (IDE) atau Integreted Development and Learning Environmet (IDLE), Interactie Python Shell (IPS).
  4. Text Editor seperti; Pychar, Visual Studio Code, Atom, Sublime Text, Notepad+ dan masih banyak lagi. Untuk pembahasan kali ini penulis menggunakan text editor Visual Studio Code bagi sahabat yang ingin menggunakan editor lain dipersilahkan sesuai dengan kebiasaan masing-masing.
  5. Jangan lupa siapkan secangkir kopi / teh serta cemilan biar lebih fokus.
  6. Esitimasi waktu 40 menit tergantung kelancaran koneksi internetnya, serta tetap fokus dan sebelum selesai jangan meninggalkan tempat duduk.
  7. Baik mulai belajar...
Alamat URL Untuk Download Bahasa Python
Untuk download Python, Cara Install Python 3.9 di Windows 10 dapat diunduh pada alamat url https://www.python.org, kemudian akan tampil dialog layar, sbb:
Selanjutnya klik pada dialog layar Download for Windows, Python 3.9.7. untuk proses download, kemudian akan menunggu beberapa saat sampai download selesai, sebagai catatan versi ini merupakan versi terbaru pada saat artikel ini dibuat. Selanjutnya lakukan langkah-langkah instalasinya.

Langkah-langkah Instalasi Bahasa Python
Buka folder dimana letak hasil dari download Interpreter Bahasa Python, kemudian klik 2x. 
selanjutnya akan tampil dialog layar, sbb:
Pada dialog layar Install Python 3.9.7 (64-bit) klik Install Now atau untuk mengubah letak folder dimana akan di install. Pilih Customize installation juga cek list Install launcher for all users serta Add Python 3.9 to PATH seperti pada dialog layar di atas, dan selanjutnya akan tampil dialog Optional Features.
Pada dialog layar Optional Features centang (ceck list), seperti pada dialog layar di atas; Ducumentation, pip, tcl/tk and IDLE, Python test suite dan for all users. Untuk melanjutkan klik Next akan tampil dialog layar, sbb:
Selanjutnya pada tampilan dialog layar Advanced Options, centang seperti pada gambar di atas, kemuian klik Install untuk melanjutkan proses intalasinya.
Selanjutnya pada dialog layar Setup Progress menunggu beberapa saat, setelah selesai akan di tampilkan dialog layar Setup was successful, sbb:
Pada tampilan layar Setup was successful, selanjutnya pilih Disable path length limit ini berfungsi untuk menditeksi kedalaman folder dan sub-folder yang akan dibuat pada folder kerjanya. Selanjutnya akan kembali tampil dialog layar, sbb:
Selanjutnya pada tampilan layar Setup was successful klik Close untuk mengakhiri proses instalasi Bahasa Python.

Mengatur Variabel Lingkungan
Setelah selesai menginstal interpreter Bahasa Python langkah selanjutnya adalah mengatur variabel lingkungan (Environment Variables) yang bertujuan agar letak dari folder System Python dapat dikenali diseluruh lingkungan sistem komputer yang digunakan (sebagai catatan: proses ini perlu dilakukan bila menggunakan versi sebelum Windows 10), langkah kerjanya, sbb:
Aktifkan window explorer selanjutnya pindahkan kursor ke This PC seperti gambar, kemudian klik kanan mousnya dan pilih Properties, sbb:
Selanjutnya akan tampil dialog layar About, kemudian pilih Advanced system settings, sehingga akan tampil dialog layar System Properties, sbb:
Dari dialog layar System Properties, selanjutnya pilih Environment Variables dan akan tampil kembali dialog, sbb:
Pada dialog layar Environment Variables, selanjutnya pilih Path kemudian pilih Edit dan akan tampil dialog Edit environment variable, sbb:
Dari dialog layar Edit environment variable pilih New selanjutnya ketik atau salin letak folder dimana folder System Python diinstall, pada contoh ini penulis meletakkan sistem folder di C:\Program Files (x86)\Python\Python39\ dan C:\Program Files x86)\Python\Python39\ Scripts. Untuk mengakhiri sistem variabel pilih OK sebanyak 3x sampai keluar dari layar pengaturan sistem variabel lingkungan.

Menguji Hasil Instalasi Bahasa Python
Setelah berhasil menginstall interpreter Bahasa Python, selanjutnya masuk ke Command Prompt (console) dengan cara berikan perintah cmd pada pencarian / search di windows, misalkan yang tampil adalah C:\Users\ACER> selanjutnya pada Command Prompt berikan perintah-perintah, sbb:
  1. Untuk menampilkan versi yang terinstall perintahnya, C:\Users\ACER>python –V setelah dienter akan tampil informasi dari versi Python 3.9.7 
  2. Untuk menguji bahasa Python yang sudah terpasang, berikan perintah-perintah, sbb:
C:\Users\ACER>python enter
Python 3.9.7 (tags/v3.9.7:1016ef3, Aug 30 2021, 20:19:38) [MSC v.1929 64 bit (AMD64)] on win32 Type "help", "copyright", "credits" or "license" for more information.
>>> print("Selamat Belajar Bahasa Python")
Hasil: Selamat Belajar Bahasa Python
>>>2+3 enter
Hasil: 5
Penutup
Demikian langkah-langkah instalasi Bahasa Python, serta pengaturan variabel lingkungan (environment variables) dan pengujiannya lewat Command Prompt. Bagaimana mudah kan? apakah tepat 40 menit atau malah kurang…!. Sekian semoga bermanfaat, salam.
I Ketut Darmayuda
I Ketut Darmayuda I Ketut Darmayuda

Posting Komentar untuk "Belajar Python Part#2 - Cara Install Python 3.9 di Windows 10"

crossorigin="anonymous">