Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Windows Part.6 - Konfigurasi Web Server pada Windows Server 2003 Standard Edition


Tutorial Hari Ini
Pengantar Dan Persiapan Awal
Konsep Dasar Web Server
Instalasi 
Web Server
Konfigurasi 
Web Server
Pembahasan Materi Selanjutnya
Penutup
Pengantar Dan Persiapan Awal
Selamat pagi / siang / sore dan malam, Hallo adik-adik mahasiswa baru serta sahabat semua berjumpa kembali pada tutorial hari ini dan tak lupa penulis doakan  semoga selalu dalam lindunganNYA. Tutorial sebelumnya sedikit mengulas tentang konsep dasar dari DNS Server  serta langkah-langkah konfigurasinya pada Windows Server 2003 Standard Edition
Pada pembahasan selanjutnya, seperti biasa sebelum membahas persiapkan terlebih dahulu berikut ini:
  1. Pastikan koneksi internet tetap jalan.
  2. Estimasi waktu 30 menit untuk menyelesaikan materi ini dan tetap fokus dan jangan meninggalkan sebelum berhasil.
  3. Jangan lupa secangkir kopi atau minuman yang lainnya serta cemilan.
  4. Mulai belajar. . .
Konsep Dasar Web Server
World Wide Web (WWW) atau Web, adalah bagian dari internet. Dasar dari Web adalah protokol HTTP(Hypertext Transfer Protocol) dan bahasa markup teks yang disebut HTML (Hypertext Markup Language). Lewat web pengguna dapat bertukar dokumen, gambar, suara, dan bentuk file lain. Dokumen-dokumen HTML dapat merujuk (link) ke dokumen atau file lain, sehingga dengan program pembaca HTML (yang paling umum digunakan adalah sebuah browser) seseorang dapat mulai mengakses suatu dokumen, dan berpindah-pindah ke dokumen, direktori, bahkan situs internet lain (ini yang disebut orang dengan browsing, atau surfing).
Pengertian Web Server?
Web Server adalah suatu perangkat lunak atau software pada Komputer Server yang mana berfungsi melayani untuk menerima permintaan atau request dari browser seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Internet Explorer, Opera dll. berupa halaman website melalui protokol Hypertext Transfer Protocol(HTTP) atau Hypertext Trasnfer Protocol Secure(HTTPS), selanjutnya merespon permintaan tersebut dalam bentuk halaman website berupa dokumen-dokumen html, php atau bahasa pemrograman web yang lain.
Web server ini dapat di akses melalui browser yang terdapat pada Komputer Client misalkan seperti Google Chrome. Jadi web server secara pengertian sederhana adalah mengirimkan data terhadap client dalam format HTML melalui browser.
Fungsi Dan Cara Kerja Web Server
Web Server memiliki fungsi utama menerima permintaan (request) dari protokol HTTP/ HTTPS dari Client web browserSelanjutnya web server akan memberikan respon terhadap permintaan dari Client berbentuk halaman website. Secara garis besar fungsi dan cara kerja web server, sbb: 
  1. Secara rutin membersihkan berbagai macam cache pada penyimpanan dan dokumen yang sudah tidak gunakan lagi. 
  2. Secara rutin juga melakukan pemeriksaan terhadap sistem keamanan yang berasal dari permintaan HTTP, dan berdasarkan permintaan (requestClient (web browser). 
  3. Secara rutin juga menyediakan data berdasarkan request yang masuk. 
Beberapa Jenis Web Server
Beberapa jenis dari web server yang paling banyak digunakan baik di sisi pendidikan maupun dari sisi bisnis, adalah sbb:
Under Windows:
:Internet Information Service(IIS), sebuah Web Server dari OS Microsoft Windows.
Under Linux:
:Apache (sebuah Web Server open source yang menjadi default dari OS Linux)
:Apache Jakarta Tomcat (sebuah Web Server yang digunakan pada Java Server Page)
:NginX (engine X) sebuah web server open source yang dapat digunakan secara bebas. Keunggulan dari NginX adalah dapat menangani website dengan traffic tinggi, bila dibandingkan dengan apache. dan masih banyak web server yang lainnya.
Instalasi Web Server
Untuk instalasi Web Server(IIS) jika belum terinstal, maka proses instalasi dapat dilakukan melalui Klik Start Windows: Manage Your Server, kemudian akan tampil dialog layar sbb:
Selanjutnya: klik Add or remove a role, akan tampil kembali dialog layar sbb:
Pada dialog layar Preliminary Steps: klik Next untuk melanjutkan proses instalasinya dan akan tampil kembali dialog layar, sbb:
Selanjutnya pada dialog layar Server Role pindahkan kursor ke Application Server(IIS, ASP.NET). Bila belum terinstall pada Configured bernilai N, kemudian klik Next. (NB:pada tampilan layar diatas nilai dari Application Server adalah Yes, artinya sudah terinstall). 
Sumber: I Ketut Darmayuda, Modul Praktikum Sistem Operasi, STMIK LPKIA Bandung.

Konfigurasi Web Server
Untuk mengkonfigurasi Web Server pada Windows Server 2003 Standard Edition, sbb:
Sebagai contoh akan dikonfigurasi web server iis dengan data-data, sbb:

Domain ke-1:

Domain ke-2:

DNS Server : www.gaool.com
IP Address : 192.168.0.7
Nama File  : index.html
Folder :E:\Inetpub\gaool
DNS Server:www.info-gaool.net
IP Address: 192.168.0.70
Nama File : index.html
Folder : E:\Inetpub\info-gaool

Domain ke-3:

 

DNS Server:www.kafe-gaool.org
IP Address: 192.168.0.71
Nama File : index.html
Folder : E:\Inetpub\kafe-gaool

 

Langkah kerjanya, sbb:
Langkah-01: Buat folder baru masing-masing didalam Inetpub dengan nama gaool, info-gaool, kafe-gaool.
Aktifkan windows explorer, selanjutnya pindahkan kursor ke folder Inetpub dan buat folder masing-masing dengan nama gaool, info-gaoolkafe-gaool (E:\Inetpub\gaool). Folder Inetpub merupakan folder bawaan atau default ketika web server IIS di install.
Langkah-02: Buat file di folder masing-masing dengan nama index.html. File ini dibuat untuk menguji konfigurasi dari web server nya. Selanjutnya, aktifkan text editor yang biasa digunakan, dan buat ketiga file index.html tersebut dengan isinya masing-masing, sbb:
<! Nama file : index.html
--> Fungsi   : Untuk menampilkan sebuah text.
<html>
<head><title>Halaman Index</title></head>
<body>
   <h1><b><center>Selamat Datang Di Website Gaool.com </center></b></h1>
</body>
</html>
<! Nama file : index.html
-->Fungsi : Untuk menampilkan sebuah text.
<html>
<head><title>Halaman Index</title></head>
<body>
   <h1><b><center>Selamat Datang Di Website Informasi-
                  informasi Gaool </center></b></h1>
</body>
</html>
<! Nama file : index.html
-->Fungsi : Untuk menmpilkan sebuah text.
<html>
<head><title>Halaman Index</title></head>
<body>
   <h1><b><center>Selamat Datang Di Website Kafe Gaool </center></b></h1>
</body>
</html>
Langkah-03: Konfigurasi Web Server IIS.
BAGIAN KESATU: Klik: Start Windows:  Administrative Tools: Internet Information Service (IIS) Manager, selanjutnya akan tampil dialog layar IIS kemudian klik tanda +NAKULA kemudian akan tampil, sbb:
Pada dialog layar Internet Information Server pindahkan kursor ke Web Sites, selanjutnya klik kanan mouse nya pilih: New: Web Sites, seperti pada dialog layar, sbb:
Setelah memilih Web Sites akan tampil dialog layar, sbb:
Pada dialog layar Welcome to the Web Site Creation Wizard klik Next untuk melanjutkan dan akan tampil dialog layar, sbb:
Selanjutnya isi pada Description/keterangan pada kotak isian, misalkan Web Site Gaool keterangan ini diisi dan disesuaikan dengan nama web sites nya, kemudian klik Next untuk melanjutkan dan akan tampil dialog layar, sbb:
Selanjutnya isi pada Ip Address and Port Settings, pilih pada All Unassigned no ip yang akan digunakan, untuk port 80 adalah port default selanjutnya pada Host header for this Web site (Default: None) isi dengan nama DNS Server, lengkapnya, sbb:
Pada dialog layar IP Address and Port Setting, isikan atau pilih IP Address yang digunakan 192.168.0.7, kemudian untuk port 80 tidak diubah karena sifatnya local, selanjutnya pada isian Host header for this Web site[Default: None] isikan dengan www.gaool.com yang sudah dibuat sebelumnya, kemudian klik Next untuk melanjutkan dan akan tampil dialog layar, sbb:
Pada dialog layar Web Site Home Directory, hubungkan directory yang sudah dibuat sebelumnya E:\Inetpub\aplikasi, selanjutnya klik Next untuk melanjutkan dan akan tampil dialog layar, sbb:
Untuk dialog layar Web Site Access Permissions, pada opsi ini kita dapat menggunakan  default nya saja, selanjutnya klik Next untuk melanjutkan dan akan tampil dialog layar, sbb:
Selanjutnya klik Finish untuk mengakhiri proses bagian kesatu.

BAGIAN KEDUA: Menetapkan file index.html 
Pindahkan kursor ke: Web Site Gaool, selanjutnya klik kanan mouse dan pilih properties kemudian pindahkan ke tab Documents dan klik file Default.htm selanjutnya hapus satu per satu semua file Default.htm, Default.asp, index.htm, dan Default.aspx dengan memilih file pada kotak kemudian klik Remove, sbb:
Setelah dihapus semua file, selanjutnya klik tombol Add… dan isikan dengan file index.html kemudian klik Apply, sbb:
BAGIAN KETIGA: Menguji Hasil Konfigurasinya 
Aktifkan salah satu browser yang biasa digunakan, selanjutnya ketik pada url. www.gaool.com dan hasilnya, sbb:
Penutup
Sekian pembahasan tutorial hari ini tentang konfigurasi WEB Server. Untuk lebih memahami pembahasan konfigurasi WEB Server silahkan dikonfigurasi untuk domain www.info-gaool.net dan www.kafe-gaool.org. Sekian dan terima kasih sudah mengikuti terus tutorial pada blog ini, semoga bermanfaat. Sampai berjuma di materi lain pada blog ini. Terimakasih




I Ketut Darmayuda
I Ketut Darmayuda I Ketut Darmayuda

Posting Komentar untuk "Windows Part.6 - Konfigurasi Web Server pada Windows Server 2003 Standard Edition"

crossorigin="anonymous">