Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Excel 365 Part#2 – Cara Membuat Rumus Aritmatika dan Memformat Lembar Kerja di Excel

Pengantar
Cara Membuat Rumus Aritmatika dan Memformat Lembar Kerja di Excel merupakan awal dari olah angka dengan excel 365, sehingga dapat membuat suatu dokumen yang mudah dibaca dan dianalisis. Tutorial ini merupakan kelanjutan dari tutorial sebelumnya. Sahabat geriatama dalam olah angka tentunya tidak lepas dari pembuatan rumus-rumus yang berkaitan dengan statistik dan aritmatika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, serta pembagian dan masih ada beberapa yang lainnya.
Memulai Menggunakan Excel 365
Untuk memulai menggunakan Microsoft Excel 365 sahabat geriatama masuk atau login menggunakan akun dari office 365, selanjutnya klik Excel 365 dan tampilannya, sbb:
selanjutnya buka file Contoh1 yang sudah dibuat sebelumnya dengan tampilan, sbb:
Langkah Kerjanya, sbb:
  1. Pada baris(row) 1 dan 2  dirange, selanjutnya pilih jenis huruf "Calibri" dengan ukuran /size "16" dan ditebalkan tekan crl+B (klik B).
  2. Atur semua judul kolom sesuai dengan lebarnya, dapat dilakukan dengan mengklik 2x batas dari garis kolom masing-masing misalkan garis kolom antara B dan C, terkecuali untuk kolom A (antara A dan B) jangan dilakukan kalau dilakukan akan mengacu pada lebar judul.
  3. Untuk pembuatan rumus atau formulasi di cell (perpotongan baris dan kolom) dapat dimulai dengan menggunakan 2 simbol operator, yaitu: sama dengan (=) dan tambah (+) yang menandakan dimulainya pembuatan rumus/formulasi. Pastikan kursor aktif di cell F7 dapat di ketik langsung =D7*E7 dengan catatan sudah hafal posisi cellnya atau tekan operator = selanjutnya geser dengan tombol panah KIRI ke cell D7 kemudian tekan operator kali geser kembali tombol panah KIRI ke cell E7 selanjutnya tekan ENTER untuk mengakhiri dan akan terbentuk rumus, untuk selanjutnya copy dan paste ke cell-cell kebawah sesuai dengan kebutuhan. Untuk pembuatan rumus menggunakan fingsi IF akan dijelaskan pada materi berikutnya
  4. Arahkan kursor pada tab Sheet1 dan tekan mouse kanan kemudian akan tampil pilihan dan pilih RENAME selanjutnya ketik Latihan1Hasilnya,sbb:
Catatan:
Untuk membuat rumus/formula seperti penjumlahan, pengurangan, dan pembagian hampir sama dengan perkalian di atas hanya perbedaan di operator saja dan untuk detailnya akan dibahas seperti di bawah ini. 
Cara Membuat Rumus
Seperti pada pembuatan rumus di atas, yaitu pembuatan rumus PERKALIAN (*) dan pembuatan rumus menggunakan pernyataan bersyarat Fungsi IF, yang perlu diperhatikan adalah ketika sistem menampilkan aturan penulisannya (sintaks), seperti pada gambar berikut ini.
Penjelasan
1. Untuk membuat rumus atau formulasi pada excel ada tiga cara, sbb:
  • Pilih sel (aktifkan kursor pada Sel F7), selanjutnya langsung diketik =D7*E7 cara ini wajib tau sel-sel yang akan digunakan sebagai rumus.
  • Pilih sel (aktifkan kursor pada Sel F7), selanjutnya tekan operator sama dengan (=) selanjutnya geser dengan tombol panah KIRI ke Sel D7 kemudian tekan operator kali (*) dan geser kembali tombol panah KIRI ke Sel E7 selanjutnya tekan ENTER untuk mengakhiri.
  • Pilih pada Sel F7, selanjutnya ketik sama dengan (=) kemudian klik pada Sel D7 dan tekan operator kali (*) selanjutnya klik pada Sel E7 selanjutnya tekan ENTER untuk mengakhiri.
2. Contoh Penggunaan Fungsi-fungsi di Excel, seperti IF, langkah kerjanya, sbb:
  • Pilih pada Sel G7, selanjutnya ketik sama dengan (=)
  • Ketik I, kemudian pilih IF, selanjutnya tekan tombol Tab akan terbentuk rumus =IF(  dan diposisi bawah akan tampil sintaksnya seperti pada gambar di atas, sbb: IF(logical_test;[value_if_true];[value_if_true]);
Keterangan:
logical_test,artinya nilai yang akan dievaluasi &
[value_if_true],artinya evaluasi yang bernilai BENAR(memenuhi syarat) &
[value_if_false],artinya evaluasi yang bernilai SALAH(tidak memenuhi syarat) &
operator kurung buka & tutup(),artinya dalam hal ini tanda sebuah fungsi.
operator titik koma; artinya pemisah dari perintah, dengan catatan di setiap PC/ Laptop/Tab tidak selalu titik koma(;) bisa jadi koma (,)
dan rumus lengkapmya, sbb:
  • =IF(F7>=5000;"Tidak Dapat Disc";"Tidak Dapat Disc");
Rumus ini memiliki ketentuan, sbb:
Jika, sel F7 lebih besar dan sama dengan 5000,akan mendapat discount dan
Jika, sel F7 lebih kecil dari 5000,tidak mendapat discount.

Operator Aritmatika
Operator aritmatika berfungsi untuk melakukan operasi terhadap matematika (aritmatika).
Daftar Operator Aritmatika

Operator
Keterangan Penggunaan
+ Penjumlahan(Addition)
Pengurangan(Subtraction)
* Perkalian(Multiplication)
/ Pembagian(Division)
Operator Pembanding
Operator pembanding berfungsi untuk membandingkan suatu nilai yang dievaluasi terhadap nilai yang lain.
Daftar Operator Pembanding
Operator
Keterangan Penggunaan
= (sama dengan) Bernilai true (memenuhi syarat) atau sebaliknya
> (lebih besar) Bernilai true (memenuhi syarat) atau sebaliknya
< (lebih kecil) Bernilai true (memenuhi syarat) atau sebaliknya
>= (lebih besar atau sama dengan)

Bernilai true (memenuhi syarat) atau sebaliknya

<= (lebih kecil atau sama dengan) Bernilai true (memenuhi syarat) atau sebaliknya
<> (tidak sama dengan) Bernilai true (memenuhi syarat) atau sebaliknya

Daftar Operator Logika
Operator Sebagai Contoh Keterangan Penggunaan
AND x<5 and x<6 Akan menghasilkan nilai benar (true)
OR x<5 or x<6 Akan menghasilkan nilai benar (true) atau salah (false)
NOT not false Akan menghasilkan nilai benar (true)

Memformat Lembar Kerja di Excel

Untuk melakukan pengaturan dalam penataan bentuk lembar kerja di Excel dapat menggunakan dan memiliki banyak cara untuk memformat dan menatanya.
Mengapa lembar kerja harus diformat dan di tata? Alasannya agar lembar kerja menghasilkan dokumen lebih mudah dibaca dan dipahami.
Style merupakan bentuk untuk mengubah tampilan sel, seperti mengubah warna, font, ukuran font, batas, format angka, dan sebagainya. Untuk penataan lembar kerja yang paling sering digunakan,  seperti; warna (color), huruf(font), borders, format angka dll. 
Ribbon untuk memformat:
Contoh lembar kerja sudah di format:
Penutup
Sahabat geriatama, memformat dan menata lembar kerja merupakan sebuah kebutuhan yang harus digunakan sehingga akan menghasilkan lembar kerja atau dokumen yang style atau bentuk tampilannya bagus dan mudah untuk di baca atau dianalisis. Pada pembahasan berikutnya dimulai dengan contoh dan latihan-latihan, juga pada latihan tersebut akan selalu menggunakan format sesuai kebutuhan. Sekian semoga bermanfaat 🙏.

I Ketut Darmayuda
I Ketut Darmayuda I Ketut Darmayuda

Posting Komentar untuk "Excel 365 Part#2 – Cara Membuat Rumus Aritmatika dan Memformat Lembar Kerja di Excel"

crossorigin="anonymous">